Keluhan – Kebahagiaan (1)

Tulisan yang mendekam di folder draft dari semester dua (2011). Silahkan baca bagian pertama.

Ah bagaimana kalau saya mulai menulis?

Enam bulan sudah saya seperti cecunguk lugu yang diperbudak sesuka hati. Rutinitas saya dipenuhi dengan kegiatan yang itu-itu saja. Saya pergi kuliah, mencatat kalo sedang mood, memperhatikan dosen mengoceh sampai ngantuk, dan mengorek-ngorek tas untuk mencari bulpen lalu mengerjakan tugas. Dalam sepekan, otak saya dibebani empat buah praktikum. Siapapun di dunia yang pernah atau sedang kuliah dan punya mata kuliah ‘praktikum’ pasti tahu seberapa mengesalkannya sembilan huruf itu, sedangkan saya memiliki empat praktikum yang berimplikasi saya memiliki sembilan kali empat alias 36 huruf sialan itu dalam sepekan! 

Sejak semester ini dimulai hidup saya amburadul. Saya merasa tidak berguna, semua pekerjaan yang saya lakukan adalah karena terpaksa. Sejujurnya saya akui, saya belum menemukan kebahagiaan berada disini, di jurusan biologi. 

Benar adanya saya menyukai biologi, saya menyukai sensasi mengetahui. Di sini saya banyak belajar bahwa sesuatu tidak sesimpel yang kita lihat sebelumnya. Belajar disini seperti membuka mata. Pernahkah anda tahu bahwa nangka yang kita makan sebenarnya adalah bunganya? Sadarkah anda bahwa di sekitar kita begitu banyak pesona? Susunan daun yang melingkar indah dengan pola, bunga cantik dengan mahkota yang menjulur memanjakan mata, buah yang bertengger diam di atas dahan, memesona, membukakan mata yang selama ini buta. Pesona ilmu membuat dunia lebih terang di mata saya, sekarang setiap jengkal di bumi yang saya ihat adalah buku, dan saya bisa membaca buku dimana saja.

Benar adanya saya menyukai sensasi tepesona dan terperangah ciptaan Dia Yang Maha Kuasa.

Tapi saya belum menemukan kebahagiaan. Saya selalu melirik kesana, ke cahaya oranye di balik merahnya hukum dan birunya psikologi. Entah kenapa saya tak pernah merasa puas. Tapi adakah kemungkinan saya pindah kesana, saya tak pernah mau menjawabnya, karena sebenarnya saya tahu jawabannya tidak. Orang tua saya bukan orang berduit yang bisa membiarkan anaknya seenak hati pindah ke sana sini. 

Di tengah lirikan iri ke sana sini walau masih di rumah sendiri, saya justru teringat dengan yang lebih mengiris hati. Mimpi saya dulu bukan kuliah di UI, tapi di Institut Pertanian Bogor. Di pesantren, saya punya sahabat sebangku selama 5 tahun, namanya Sabilil Hakimi. Kami menjadi partner belajar sejak SMP. Bili semacam Lintang di kelas Laskar Pelangi, dia anak terpintar dalam sains dan matematika. Bili adalah mercusuar penunjuk arah agar tak tersesat di samudera pengetahuan. Dia menjadi dewa tempat kami bertanya apa, bagaimana dan kenapa. Dan di kelas dua SMP dulu, saya ingat sekali bahwa kami berdua berjanji suatu hari nanti akan duduk bersebelahan lagi di bangku kuliah. Mimpi kami berkuliah di IPB, jurusan Agrobisnis. Takdir membukakan jalan bagi kami untuk kuliah, tapi hanya menunjukkan jalan ke Bogor hanya untuk Bili, dan tidak untuk saya. Bili tetap pada jalur yang dulu kami dambakan, Agrobisnis IPB. Sementara saya ada disini, di UI, departemen Biologi.

Semester dua saya berjalan payah, tapi seperti semua keburukan – kecuali siksa neraka – semester itu akhirnya berakhir. Semester tiga menyambut dan saya menemukan kebahagiaan kembali. Semester tiga bercerita tentang keragaman, evolusi, sejarah bumi dan pesona keanekaragaman tanpa batas. Belajar di semester tiga seperti menyelam di kolam susu: hangat, manis dan membuat ingin berendam berlama-lama.

Semester tiga adalah semester terbaik dalam hidup saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close