Menyelami Kreativitas Bangsa di Pekan Produk Kreatif Indonesia 2013

image

Pekan Produk Kreatif Indonesia adalah event tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif. Di pameran yang bertajuk Indonesia Creative Power ini, kita diajak berpetualang mengenal karya-karya kreatif anak bangsa dan mendukung Indonesia untuk menjadi negara yang memberdayakan kreativitas sebagai penggerak industri di era yang semakin maju ini.

PPKI 2013 tahun ini diselenggarakan 27 November – 1 Desember di Epiwalk, Kuningan, yang terdiri dari konvensi, talkshow, pameran, dan berbagai pertunjukkan yang akan membuat Anda semakin bangga menjadi bagian dari bangsa yang kreatif ini.

Pertama, perlu diketahui bahwa diantara tujuan utama PPKI adalah untuk mengenalkan industri kreatif lebih dekat kepada masyarakat, bahwa sekarang Indonesia sedang menuju perkembangan sebagai negara industri kreatif. Di bagian depan Epiwalk, kita dapat menemukan beberapa infografis penting terkait industri kreatif.

image

Contoh pentingnya kreativitas

image

Apakah kamu 1 dari 4 orang kreatif di dunia?

image

Harusnya kita ditekan untuk bekerja menjadi kreatif!

Industri Kreatif di Indonesia berada di bawah Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif. FYI, negara yang menjadikan industri kreatif sebagai kementrian hanya ada dua: Inggris dan Indonesia. Kurang keren apa negara kita!

Di Indonesia, industri kreatif dibagi menjadi 15 subsektor, diantaranya Mode, Kerajinan, Kuliner, Musik, Radio & Televisi, Kerajinan, Teknologi Informasi, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Riset & Pengembangan, Arsitektur, Desain, Penerbitan & Percetakan, Periklanan, dan Permainan Interaktif. Bayangkan, ada lima belas! Bayangkan jika kita sudah benar-benar mengeksplorasi potensi kita pada kelima belas subsektor tersebut, Indonesia sudah menjadi negara adidaya yang sangat disegani karyanya.

image

Selama lima hari, kita dapat menikmati bincang-bincang kreatif sesuai subsektor dengan nama-nama besar seperti Andrew Darwis (Kaskus), Budiono Darsono (Detik), Arief (Agate), Ollie (Nulisbuku.com), Dian Pelangi (Fashion Blogger), Krisna Murti (Seniman), Dennis Adhiswara (Sutradara), serta tokoh industri kreatif lainnya. Selain itu pangggung utama PPKI juga selalu diisi oleh entertainer keren seperti Payung Teduh, Efek Rumah Kaca, dan White Shoes and The Couples Company.

Event ini terlalu besar untuk saya bahas semuanya. Dan anda akan terperangah jika datang ke sini dan mendapati kehebatan karya anak bangsa. Karya-karya dalam industri kreatif bisa kita temukan dalam pameran yang luar biasa. Saya akan mengajak Anda untuk mengikuti petualangan saya mengeksplorasi inspirasi dan ide-ide kreatif dari seluruh Indonesia yang bisa kita temukan di pameran PPKI 2013. Kita akan fokus pada pameran dan kita akan membahasnya per subsektor. Jadi apa saja yang kita temukan? Here we go!

Arsitektur

image

Saat kita masuk ke booth pameran, kita langsung disambut oleh Booth subsektor arsitektur. Di bagian arsitektur kita dapat menemukan beberapa replika arsitek maupun gambar rancang bangun yang dipamerkan. Diantara yang menarik adlaah rancang bangun Ciliwung Recovery Program yang menjadi pemenang dalam kompetisi Evolo Skyscraper Competition 2010.

Ide hebat yang digagas tim Indonesia Dream ini membuat rancang bangun sebuah menara yang bisa mendaur ulang sungai Ciliwung di masa depan. Kreatif!

Kuliner

image

Berlanjut ke subsektor berikutnya, kita dapat menemukan subsektor kuliner yang menampilkan 30 ikon kuliner Indonesia. Melihat pameran ini jadi sadar, betapa kita punya segala jenis kuliner mulai dari menu pembuka, welcoming drink, menu utama, dessert, dan berbagai jenis makanan yang ga ada habisnya! Favorit saya: Nasi tumpeng. Yummy!

image

Ohya Selain itu di hari pertama juga katanya ada Chef Marinka *ngiler. Sayangnya saya tidak datang di hari pertama jadi ga dapet fotonya.

Radio & Televisi

image

Radio & Televisi juga salah satu subsektor industri kreatif. Di boothnya yang keren, kita bisa mencoba rasanya menjadi penyiar radio Mustang dengan memakai perangkat seperti penyiar aslinya. 

Seni Pertunjukan

image

Selanjutnya ada Seni Pertunjukkan. Seni pertunjukan itu mencakup  booth seni pertunjukkan ada kelas menari gratis yang diikuti anak-anak muda yang mengikuti pameran.  Kebanyakan yang ikut kelas menari gratisnya cewe-cewe gitu bro, jadi saya betah juga nungguin di booth ini, 

Kerajinan

image

Bersama fashion, Booth kerajinan adalah dua booth yang paling besar ukurannya karena menjadi tempat pameran berbagai produk kreatif yang kalo diliat seperti tidak ada habisnya! Mulai dari pemanfaatan kayu menjadi furnitur, berbagai kreasi batik, hingga aksesoris cantik.

image

Fesyen

Booth fesyen didominasi oleh komoditas wanita, seperti baju, hijab, hingga sepatu :D. Tapi buat saya yang paling menarik adalah sepatu keren buatan lokal  yang bermerek RAW. Kesannya lokal tapi mewah!

image

Riset & Pengembangan

image

Di subsektor Riset dan Pengembangan, yang paling menarik buat saya adalah Juragan Kapal. Mereka juga teman satu almamater tercinta, UI! Cek twitternya di @juragankapal

image

Selain karena karya mereka menjadi Juara Technopreneurship dari Kemenristek, kapal pelat datar yang mereka buat memang sangat unik, karena memiliki dasar yang terbuat dari kaca bening sehingga digunakan untuk pariwisata naik kapal sambil melihat kehidupan di bawah laut tanpa harus snorkeling atau diving. Bener-bener hebat banget idenya.

Periklanan

image

Di booth periklanan, kita bisa melihat berbagai jenis iklan keren yang pernah dibuat di Indonesia. Industri periklanan terus berkembang dan diharapkan mampu menjadi media penyampaian pesan yang efektif kepada masyarakat.

Penerbitan  & Percetakan

image

Di Booth penerbitan dan percetakan, kita bisa ketemu dengan beberapa penerbit kreatif seperti PlotPoint dan MnC. Disana MnC juga mengenalkan cara baru membaca komik lewat internet.

Fotografi dan Film

image

Di subsektor ini, kita seperti dimanjakan berada di dalam museum. Kita bisa menikmati karya fotografi di sebuah lorong.

image

Lalu untuk film, ada juga casting film beneran untuk kamu yang punya bakat. Benar-benar menjaring kreativitas peserta 😀

Teknologi Informasi

image

Di booth IT, kita bisa menemukan berbagai pengembang aplikasi memamerkan karya mereka. Saya juga sempat memainkan beberapa game yang seru disana.

Melukis

image

Di booth melukis, kita bertemu dengan berbagai lukisan dan yang paling mencolok, adalah lukisan dengan metode WPAP, yang asli buatan Indonesia. WPAP adalah singkatan dari Wedha’s Pop Art Portrait, metode ilustrasi buatan bapak Ilustrator Indonesia, Pak Wedha! Kita juga menemukan teman-teman yang menawarkan jasa sketsa wajah.

image

Musik

image

Di booth musik, kita bertemu dengan sejarah musik populer di Indonesia, dan semakin terpacu untuk terus meningkatkan kualitas musik di nusantara. Maju terus!

Desain

image

Saya cukup betah berada di booth desain. Pasalnya, disini kita disuguhi komik-komik lucu seperti komiknya Benny-Mice dan ada Budi Badu.

Menjelajahi kelimabelas pameran subsektor industri kreatif membuat saya menyadari betapa kayanya negara kita. Bukan hanya sumber daya alam dan sumber daya manusianya, tetapi juga sumber daya kreativitas dan karyanya.

Begitulah jalan-jalan seru saya menyelami kreativitas di PPKI 2013. Semoga event seperti ini dapat membuat Indonesia memiliki lebih banyak lagi pekerja kreatif dan meningkatkan daya saing bangsa di mata dunia. Semangat Indonesia!

————————————————————————————————————-

NB: Postingan ini saya ikutkan dalam Lomba Liputan Kreatif Orang Kreatif 2013 yang diadakan Detik Forum. Alhamdulillah dapet juara 2! Cek beritanya disini.

image

Sekarang saya punya smartphone hasil keringat senidiri untuk whatsappan 😀

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.