Saya Sedang Menuju Kesana

Tanyakan pada diri kita sendiri. Am I happy? Can I be happier?

Saya pertama kali mendengar pertanyaan ini dari @ReneCC, ketika hadir di acara sharing @TDAkampus di Universitas Indonesia.

Pertanyaan pertama jauh lebih sulit dari pertanyaan kedua. Sebagai orang yang optimis, saya dapat dengan mudah mengatakan iya untuk pertanyaan kedua. Selalu ada cara untuk menjadi lebih, dan ya, saya bisa lebih bahagia. Permasalahannya, apakah saya sudah bahagia?

Jika bahagia dinilai dari dari perbandingan senyuman dan kesedihan, maka ya, saya bahagia. Saya sama seperti kebanyakan orang Indonesia, keseharian kita dipenuhi oleh senyuman, penuh keceriaan dan kegembiraan. Kita dapat dengan mudah menemukan hal yang membuat kita tertawa, dan mungkin itu pula yang membuat kita menjadi salah satu negara dengan indeks kebahagiaan tertinggi di dunia.

Tapi kenyataannya ternyata tidak sesederhana itu bagi saya. Tidak seyakin itu saya berani mengatakan saya bahagia.

Saya berkontemplasi, mencoba mencari tahu mengapa, dan menemukan bahwa saya memang belum merasa bahagia sepenuhnya. Saya masih merasa dikekang oleh aturan dan keadaan yang datangnya bukan dari saya. Saya masih punya tanggungan dan kewajiban yang harus saya penuhi, tetapi bukan keinginan saya. Saya masih belum bebas melakukan keseharian sepenuhnya sesuai keinginan saya.

Saya ingin itu segera hilang. Saya ingin bebas menentukan tanggungan dan kewajiban. Saya ingin bebas mengisi keseharian saya dengan apa yang saya cinta, dan dengannya setiap hari saya berkarya. Saya ingin bahagia.

Dan, ya, saya sedang menuju kesana.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.