Menulis: To Express, Not to Impress

Saat sedang santai memantau linimasa twitter, tiba-tiba saya mendapatkan link blog Kang Ridwan Kamil –> http://ridwankamil.wordpress.com/. Sosok pemimpin idola yang setiap hari saya ikuti sepak terjangnya via sosial media, ternyata juga punya blog dan banyak menulis tentang arsitektur, ide, dan opininya tentang manusia & perkotaan di sana.

Tadi siang saya baru saja ngobrol santai dengan PramitaArdiantionoLintang, dan Ninda. Diantara obrolan tentang surat palsu rektor, absurdnya fans JKT48, dan pernikahan Raffi-Gigi (oke saya tau ini ibu-ibu banget), terselip obrolan tentang menulis.

Lebih spesifik lagi, tentang menulis di blog.

Saya adalah orang yang percaya bahwa tanpa tulisan, sehebat apapun seseorang, jejaknya takkan pernah dianggap di dunia. Semua manusia akan mati, dan yang tersisa di dunia hanyalah karyanya. Anda boleh menafsirkan “menulis” dalam interpretasi yang lain, seperti membuat lukisan, mengaransemen musik, maupun menciptakan teori dan penemuan. Orang hebat juga tidak akan pernah dikenang tanpa ada yang menuliskan ceritanya dalam sejarah. Yang jelas, seseorang hanya akan dianggap ada jika dia menghasilkan karya.

Menulislah, atau jadilah pribadi yang kisah hidupnya layak untuk ditulis

Kegiatan menulis telah mengiringi evolusi manusia sejak semesta ini diciptakan. Melalui tulisan, kita belajar dari masa lalu, menjalani hari ini, dan merancang masa depan.

Menulis bukan tentang ingin dikenang, tetapi tentang ingin berarti dan memberi arti.

Saya mengenal banyak sekali teman-teman yang punya prestasi hebat dan cerita yang luar biasa menginspirasi. Tapi orang-orang ini tak dikenal dan kisahnya tak pernah diceritakan, sangat disayangkan. Ini bukan tentang popularitas, bukan tentang ingin dikenal. Tapi andai banyak orang tahu tentang prestasi mereka. andai banyak orang bisa membaca apa yang dilakukannya, mereka akan bertemu orang-orang yang tak terduga. Orang-orang yang memiliki visi yang sama dan kesukaan yang sama. . Andai mereka menuliskannya, sungguh akan banyak orang yang terinspirasi dan merasakan manfaatnya.

Menulis bukan tentang pamer dan gaya-gayaan.

We write to express, not to impress.

Kita tidak harus menjadi mahasiswa berprestasi untuk mulai menulis. Kita tidak harus punya tulisan selucu Raditya Dika atau seindah Andrea Hirata untuk memulai. Setiap kita punya hal-hal yang kita pedulikan, dan itulah yang kita tuliskan. Kita bisa mulai menulis sesuatu yang kita sukai, hal-hal yang sedang kita pelajari, atau tentang orang-orang yang kita temui.

Untuk teman-teman yang belum menulis, ayo menulis di blog. Kenapa blog? Blog adalah cara baru untuk belajar dan berbagi. Anda boleh riset sendiri, menulis adalah salah satu kebiasaan yang selalu dilakukan orang sukses. Dan di era internet ini, blog adalah platform paling ideal untuk menulis.

Menulis di blog adalah kesempatan untuk berbagi dan belajar dalam waktu yang bersamaan. Internet telah membuka dunia sedemikian luasnya. Dengan menuliskan pemikiran kita di internet, orang yang memiliki pandangan yang sama akan menemukan kita dan memberi kita dukungan untuk terus berkarya. Orang yang memiliki pandangan berbeda pun akan menemukan kita, dan memberikan pelajaran bagi kita untuk berbenah diri menjadi lebih baik.

Menulislah untuk mengekspresikan ide dan isi hati. 

Proses menulis pada dasarnya adalah proses kontemplasi. Menulis terlihat seperti proses berbagi, tapi percayalah setelah berbagi, yang akan kita temukan adalah diri kita sendiri.

Saya jadi teringat paragraf penutup di salah satu buku penulis favorit saya, Austin Kleon.

Don’t show your duckface. 
Don’t show your dinner.
Don’t show your foot.

Show your work!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close