Favela Painting Project by Haas & Hahn

Salah satu situs favorit saya untuk mencari inspirasi adalah TED.com. Tempat dimana talks keren tentang desain dan inovasi dari seluruh dunia disampaikan melalui storytelling yang memukau.

Di sana lah saya menemukan video tentang project Favela Painting. Proyek seni yang berkontribusi nyata dalam perubahan sosial di Brazil.

Project ini pertama kali diinisiasi oleh Haas & Hahn, duo seniman yang sejak 2005 menciptakan berbagai karya seni di berbagai ruang publik. Untuk kita yang sering melihat imej Rio de Janeiro pasti tidak asing dengan Favelas, perkampungan unik yang terlihat bertumpuk-tumpuk memadati lembah Rio. “Favelas” secara harfiah berarti daerah urban yang dihuni orang-orang miskin dengan kepadatan yang tinggi.

Hahn & Haas berpikir Favelas di Rio perlu sentuhan seni untuk mengubah imejnya yang padat, kumuh, dan kelam menjadi lebih indah dan berwarna.

Project pertama mereka bernama Boys With Kite (2007)lukisan dinding bergambar seorang anak yang sedang bermain layang-layang. Karya ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat setempat. Haas & Hahn kemudian berbagi ide mereka kepada warga setempat melalui pesta barbekyu. Mereka melatih pemudah setempat melukis dengan media cat dan dinding untuk bersiap berkolaborasi dengan project yang lebih besar.

Project berikutnya bernama Rio Cruzeiro (2008). Mereka melukis sungai buatan pada di lembah Rio dengan gaya lukisan Jepang. Di project berikutnya, Praca Cantao (2010), mereka mengecat rumah-rumah dengan warna-warna cerah dan desain yang sederhana tapi memikat.

Project ini mengubah perkampungan Favelas yang terlihat kumuh menjadi galeri seni raksasa dengan seni bercita rasa tinggi. Tak hanya menjadikan suasana lebih berwarna, lukisan-lukisan ini juga mengubah citra Favelas menjadi kota yang bernilai seni. Menarik turis untuk datang, menjadikan perkampungan mereka objek foto yang sangat unik, dan mendorong siapa saja untuk menyebarkan wajah baru Favelas ke seluruh dunia.

Project ini menciptakan optimisme dan rasa bangga bagi masyarakatnya.

Project ini menumbuhkan kebersamaan dan lapangan pekerjaan bagi penduduk Favelas.

Favela Painting adalah bukti: kolaborasi adalah kunci untuk mengatasi permasalahan dan mendorong transformasi di perkotaan.

Saya sejak lama ingin mengunjungi Brazil, dan mengetahui project Favela Painting membuat keinginan saya lebih besar lagi. Saya punya kesempatan untuk datang ke Brazil April 2015 nanti, meskipun saya masih punya pertanyaan besar bagaimana caranya saya mendapatkan travel grant untuk bisa kesana.

Tapi pertanyaan yang lebih besar lagi, bisakah perubahan yang sama dilakukan di Indonesia?

Tantangan bagi pemuda untuk bergerak menciptakan perubahan yang sama. Semoga menginspirasi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close