Desember

Saat bersiap tadi pagi, saya membuka agenda untuk melihat apa yang harus saya lakukan hari ini.

Hari ini 1 Desember? Saya terkaget oleh suara saya sendiri. Saya yang tadinya tergesa-gesa untuk segera berangkat ke kampus jadi terdiam dan berpikir cukup lama sembari menatap agenda.

1 Desember berarti kita sudah hampir sampai di penghujung 2014. 1 Desember berarti sudah 11 bulan kita lalui dan seharusnya sudah banyak prestasi yang kita raih, ada sejumlah kemajuan yang kita capai, dan berbagai resolusi yang kita selesaikan. Pertanyaannya, benarkah demikian?

Untuk kita yang biasa menulis kegiatan di jurnal atau agenda, cobalah mereview kembali apa yang telah kita capai 11 bulan ini. Untuk kita yang tidak, luangkan waktu sejenak, ambil secarik kertas dan pensil, lalu cobalah tuliskan pertanyaan yang bisa mengevaluasi apa yang telah kita capai 11 bulan ini.

Berapa banyak buku yang sudah saya baca? Karya apa saja yang sudah saya buat? Prestasi apa saja yang sudah saya raih di tahun ini? Bagaimana omzet bisnis saya? Berapa teman baru yang saya punya?

Dan yang terpenting, sudahkah saya menjadi lebih baik?

Saya sendiri kecewa ketika mendapati banyaknya jawaban yang tidak memuaskan. Banyak waktu yang terbuang oleh perbincangan yang tidak bermanfaat dan diskusi yang tidak bermakna. Banyak hari yang terlewat dengan agenda yang tidak produktif, kesempatan berkarya yang terlewatkan, dan resolusi yamg belum tercapai.

Saat sedang kesal dan menyesali apa yang telah saya lewati, saya tersadar dan melihat jam tangan. Saya telah melewatkan 11 bulan dan tidak bisa mengubahnya, tapi saya masih punya 1 bulan terakhir di 2014 dan saya tidak akan melewatkannya dengan sia-sia.

Saya jadi teringat perkataan Cooper di Interstellar. “We cannot change the past”, ujarnya kepada TARS saat terjebak di dunia lima dimensi, “But we can always send the message”

Masa lalu ada bukan untuk diubah, ia ada sebagai pesan. Bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini.

Cooper benar, kita tidak bisa mengubah masa lalu. Tapi kita selalu bisa mengubah masa depan, dengan mengubah apa yang kita lakukan di hari ini.

Selamat menjalani Desember!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close