Notebook: Tips Membuat Tag di Buku Catatan

Meskipun selalu menikmati menulis di gadget, tapi bagi saya tak ada yang bisa menggantikan sensasi menulis di kertas. Apalagi sejak SMP saya memang tidak pernah alpa menulis jurnal di buku catatan. Biasanya berisi keresahan, pemikiran, ide dan gagasan, serta sedikit curhatan.

Terkadang saya kesulitan mencari kategori tulisan tertentu, misalnya saat saya ingin mencari catatan yang berisi ide dan gagasan. Karena jumlah halaman yang banyak dan isinya yang campur-campur, pencarian menjadi tidak praktis. Apalagi tidak ada sistem tagging seperti di blog yang bisa diaplikasikan di buku catatan.

Tapi ternyata anggapan itu salah. Dengan kreativitas, sistem tagging di buku catatan dapat diaplikasikan. Seperti yang ditulis blogger Adam Akhtar di HighfiveBlog, berikut cara kreatif membuat tag di buku catatan.

HERE IS HOW IT WORKS

Konsepnya sederhana: halaman terakhir buku catatan akan berperan sebagai daftar tag atau index. Setiap kali kita membuat catatan baru, maka kita akan memberikan tag pada halaman tersebut.

Contoh yang diberikan Adam adalah buku catatan berisi resep makanan. Di halaman pertama, tuliskan resep masakan, yang pada contoh ini adalah makanan Chinese.

image

Di halaman terakhir, tuliskan tag “Chinese” di tepi kiri kertas.

image

Kembali ke halaman pertama yang berisi resep, berikan label hitam di tepi kanan kertas pada baris yang sama dengan tag Chinese di halaman belakang.  

image

Lakukan hal yang sama untuk setiap catatan baru. Setelah menulis banyak catatan dengan berbagai tag, label hitam setiap tag akan terlihat di bagian tepi buku saat ditutup.

image

Sekarang jika kita ingin mencari resep Chinese, kita hanya perlu membuka halaman index, mengecek label hitam yang sejajar, dan membuka halaman yang dituju.

Sistem tagging sederhana ini membuat pencarian jenis tulisan lebih mudah dan praktis. Cara ini bisa diaplikasikan untuk catatan kuliah ataupun jurnal harian.

Saya akan menambahkan sistem tagging ini pada buku catatan yang sudah ada, dan akan segera mencobanya untuk buku catatan baru di tahun depan. Tertarik untuk mencoba juga?

Salam kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close