Inovasi Kreatif: Google Cardboard Project

Saat sedang iseng googling tentang “Google”, saya bertemu Google Cardboard. Sebuah proyek kreatif dari Google yang dibuat untuk Virtual Reality.

Pernah tahu Oculus Rift yang mendulang sukses di dunia game lewat KickStarter? Google Carboard ini adalah versi sederhananya. Google Cardboard terbuat dari kardus, yang dapat dengan mudah dilipat dan disusun oleh siapapun. Desainnya dibuat seperti headset yang dapat dipasangkan dengan smartphone. Google membagikan instruksi dan desainnya sehingga dapat diakses siapapun, termasuk manufacturer dan developer.

Dengan memakai Google Cardboard, kita dapat merasakan pengalaman Virtual Reality melalui berbagai aplikasi yang bertebaran di Google Playstore. 

Google Cardboard merupakan karya David Coz dan Damien Harry, duo engineer Google Cultural Institute di Paris yang menciptakannya di waktu 20 % mereka. Google sebagai perusahaan kreatif menciptakan sebuah peraturan dengan nama 20% Time yang juga disebut sebagai Innovation Time Off. Setiap karyawan Google didorong untuk menghabiskan 20 % dari waktu kerja mereka mengembangkan proyek kreatif yang mereka sukai.

Inisiatif ini terbukti mendorong karyawan memanfaatkan kreativitas mereka dan menjadikan Google sebagai salah satu perusahaan yang tidak pernah berhenti berinovasi. Produk seperti Gmail, Google News, Orkut, dan Adsense merupakan diantara contoh hasil kreativitas dari Innovation Time Off.

Sudahkah kita memanfaatkan waktu luang kita untuk bereksperimen kreatif? Saatnya mencoba apa yang dilakukan Google untuk menciptakan inovasi.

Salam kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close