Kumpul Kreavi eps. 18: Digital Campaign Revolution

Sebagai orang yang selalu ketagihan dengan suntikan ide dan kreativitas, saya tak melewatkan kesempatan datang ke Kumpul Kreavi. Untuk yang belum tahu, Kreavi adalah platform digital bagi desainer dan talenta kreatif di Indonesia. Bertempat di Binus University, Kumpul Kreavi yang ke 18 ini membahas tentang berbagai pergerakan dan kampanye kreatif di dunia digital.

Acara ini dimoderatori langsung oleh Benny Fajarai, Founder Kreavi yang di awal menceritakan beberapa kampanye digital yang telah dilakukan Kreavi bersama beberapa brand, yang kemudian diwujudkan dalam berbagai Kreavi Challange. Studi kasus yang seru semakin memanaskan penonton sebelum menerima cerita seru dari para pembicara.

Cerita pertama datang dari Josephine Tanuwijaya yang akrab dipanggil Jotan, komikus wanita yang bercerita tentang pengalamannya menjalankan kampanye digital di dunia politik. Jotan adalah salah satu tokoh kreatif di balik ramainya kampanye pilpres 2014 kemarin. Mendukung salah satu calon presiden, Jotan dan beberapa pelaku kreatif lainnya menggunakan komik sebagai media kampanye di sosial media dengan nama Jokomik (nah keliatan ya dukung siapa). Jotan dan timnya berkolaborasi untuk menciptakan komik strip setiap hari, dan mendistribusikannya melalui Facebook. Jotan mengatakan bahwa kampanye yang dilakukan melalui kanal Facebook sangat efektif, karena aliran distribusinya mengalir hingga ke dunia offline. Dimulai dari Facebook, konten yang disebarkan akan masuk ke media online, Mindtalk, Slide Share, TV, media cetak, mesin partai, hingga sampai ke akar rumput. Sosial media terbukti berpengaruh besar dalam viralitas konten kampanye yang disebarkan.

Efektivitas tersebut juga dikonfirmasi oleh pembicara berikutnya, Faza Meonk, komikus Si Juki yang berhasil mempopulerkan karakternya melalui jalur yang serupa. Faza mulai menciptakan komik dengan karakter Si Juki saat kuliah untuk menyindir teman-temannya di DKV Binus. Komik-komik tersebut disebarkan melalui Facebook dan mendapatkan respon yang positif dari netizen. Faza pun mulai merancang kampanye digital untuk menguatkan karakter Si Juki. Dia menciptakan akun twitter Si Juki dan karakter fiksi pendukungnya, menciptakan konten sesuai dengan perbincangan yang sedang hangat di masyarakat, dan berbagai kegiatan kreatif yang mendorong adanya interaksi dengan para fans.

Satu kata kunci yang menjamin kesuksesan kampanye digital adalah relevan. Konten yang diciptakan harus relevan; relevan terhadap demografi, perilaku, dan momen target market yang kita tuju. Hal itu yang disimpulkan oleh Nanda Ivens dari cerita kesuksesan kampanye Jotan dan Faza. Nanda yang merupakan CEO XM Gravity meluruskan mindset yang salah di kebanyakan pelaku kreatif. Benar bahwa tujuan kampanye digital adalah menghubungkan business to people, tapi pada dasarnya kampanye digital adalah menghubungkan people to people 

So to put it right, you have to know how to connect people to people”, ujar Nanda.

Hal penting terakhir yang harus diingat dalam kampanye digital adalah bahwa semuanya harus terhubung dengan aktivitas yang sebenarnya. Ramya Prajna, Co-CEO Think.Web mengatakan bahwa dunia nyata dan dunia maya bukanlah dua dunia yang terpisah. Mereka saling terhubung dan memengaruhi satu sama lain. Kampanye digital yang kreatif harus mampu menjembatani keduanya.

Acara pun diakhiri dengan sesi foto dan networking. Selalu menyenangkan belajar kreativitas dari para pelakunya. Semoga di tahun ini saya bisa berkarya nyata dan membuat kampanye digital yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Salam kreatif!

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.