Tumblr Inside (1): The World’s Creator


Tumblr Inside adalah seri tulisan yang membahas tentang Tumblr: cerita tentang passion, kreativitas, dan tumbuh kembangnya sebagai perusahaan teknologi.


Kalian pasti mengenal Steve Jobs atau Bill Gates. Kalian juga pasti pernah mendengar cerita tentang Mark Zuckerberg, Sergey Brin, atau Larry Page, para raksasa pencipta teknologi yang produknya saat ini menguasai dunia.

Tapi kalian hampir pasti tidak mengenali pria ini. Dan saya bisa pastikan, tanpa dia, saya tidak bisa menulis, dan kalian tidak akan pernah bisa membaca tulisan ini.

That one is because he is the creator of this blogging platform.

Namanya David Karp. Founder of Tumblr.

David adalah bapak dari blogging platform tercinta ini. Ya, saya benar-benar jatuh cinta dengan Tumblr pada pandangan pertama.

Saya mulai menulis di blog tahun 2008. Sebelumnya, saya menulis di blogspot, dan ini dia blog pertama saya. Tidak banyak tulisan yang terekam di sana; selain karena saya lebih banyak menulis di buku catatan, selama SMA saya tinggal di pesantren yang hanya seminggu sekali bisa mengakses internet. Itu pun hanya satu jam, mencuri-curi waktu di pelajaran komputer, dengan koneksi yang ogah-ogahan.

Awal 2010, saya baru beradaptasi dengan aktivitas mahasiswa, meskipun kebiasaan menulis catatan tidak pernah berhenti. Baru di tahun 2011, @tameswariniken mengenalkan saya dengan Tumblr. Waktu itu Tumblr dengan tampilannya yang simpel, elegan, dan identitas barunya sebagai platform microblogging membuat saya penasaran dan tanpa pikir panjang menjadikan sebagai rumah baru.

Menulis dan mempublikasikannya melalui Tumblr selama lebih dari 4 tahun membuat saya bisa melihat banyak hal; menilik kembali catatan dan kejadian yang saya rekam di masa lalu, berbagi pandangan kepada banyak orang tentang isu yang saya pedulikan, dan mengevaluasi bagaimana pemikiran saya berkembang.

Thanks to David Karp, bagi saya Tumblr bukan hanya tempat berekspresi, tapi juga tempat mencari inspirasi. Follow The World’s Creator, begitu tagline Tumblr yang tertulis jelas di halaman pembuka. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, di Tumblr, kita bisa menemukan para kreator dan pekerja kreatif yang membagikan ide dan karyanya. We really can follow the world’s creator, mulai dari musisi, fotografer, film maker, penulis, hingga komedian. Saya sangat menikmati sensasi membuka timeline dan dibanjiri berbagai karya seni yang tidak ada habisnya.

Tumblr sekarang adalah rumah bagi lebih dari 227 juta blog, dan blog kita termasuk di dalamnya. Sejak diluncurkan di tahun 2007, David Karp selalu berpikir untuk membuat segala sesuatu menjadi simpel. Ia percaya bahwa simplisitas adalah kunci dari kreativitas, dan bahwa hidup ini harus dipenuhi dengan karya.

Sudah saatnya kita mulai mengurangi isi Tumblr kita dengan keluhan dan curhatan tanpa makna. Saatnya menjadi bagian dari jutaan pencipta karya dari seluruh dunia.

We are the world’s creator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close