Halo Putri, 

terima kasih untuk pertanyaannya.

Untuk jadi penulis yang baik itu kuncinya cuma satu: terus menulis. Boleh ditanya ke penulis manapun, jawabannya akan sama. Jangan pernah berhenti menulis karena menulis itu skill yang harus terus dilatih. Semakin sering dilatih maka akan semakin baik tulisan yang kita buat.

Kebanyakan dari kita (termasuk saya) sering terjebak dalam stigma bahwa menulis haruslah bagus. Kita takut tulisan kita jelek dan mendapat cemoohan dari orang lain. Padahal esensi menulis bukanlah pamer dan gaya-gayaan, melainkan berekspresi. We write to express, not to impress. Saya pernah menulis tentang itu di sini.

Kemudian apa yang harus ditulis? Tulislah kegelisahan kita, sesuatu yang menjadi kepedulian kita, apapun itu. Bentuknya bisa dalam bentuk puisi, cerita fiksi, karya ilmiah, apapun. Yang jelas jadikan kegelisahan sebagai sumber inspirasi. Hal ini saya pelajari dari Raditya Dika ketika dia bercerita tentang berani berkarya, rangkumannya pernah saya tulis di sini.

Jadi apakah harus dimulai dari menulis fiktif atau karya ilmiah, itu kembali ke kegelisahan kita masing-masing. Jika masih sulit dalam menulis, ingat bahwa menulis adalah proses output, yang sangat bergantung pada proses inputnya. Bagaimana proses input seperti membaca dan mendengar mempengaruhi proses output seperti menulis dan berbicara, pernah saya bahas di sini.

Ohya untuk lomba karya ilmiah, saya pernah ikutan dan (anehnya) menang :D. Lomba bisa jadi ajang latihan yang bagus untuk menulis.

Selamat menulis!

Jawaban untuk pertanyaan dari @putricahyadestiani. Ask me anything here.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.