5 Sumber Inspirasi Untuk Belajar Storytelling

Di era digital, rasanya semua komoditi berubah menjadi barang jasa. Sekarang kita hampir selalu membeli sesuatu bukan hanya karena faktor fungsionalitas dan kebutuhan, tetapi juga karena kita tertarik pada cerita yang ada di baliknya.

Tengoklah bagaimana Nike yang tidak menjual alat olahraga, tapi menjual kepercayaan diri. Dalam setiap iklannya, Nike seperti bercerita: “Lo mungkin ga berbakat, lo mungkin ga jago jago amat, tapi pemenang adalah mereka yang ga banyak mikir dan percaya diri melakukan sesuatu. Just Do It”.

Atau lihat bagaimana Coca Cola tidak lagi menjual minuman bersoda, tetapi bercerita bahwa kebahagiaan adalah segalanya. Happiness adalah kata kunci yang selalu diperkenalkan Coca Cola. Lihat semua iklan Coca Cola dan percaya sama saya, dimanapun dan kapanpun iklannya dibuat – piala dunia, lebaran, 17an, natal & tahun baru – semua orang bahagia.

Ada identitas yang ingin diperkenalkan semua orang, yang kita kenal dengan istilah brand. Dan brand diperkenalkan melalui cerita, melalui storytelling.

Karenanya penting bagi siapapun untuk belajar storytelling, bagaimana menceritakan sesuatu sehingga orang lain bisa mengaitkan diri mereka dengan apa yang ingin kita sampaikan. Melanjutkan diskusi dari pertanyaan yang masuk ke inbox saya dari mnurudin mengenai storytelling, berikut adalah beberapa sumber inspirasi saya dalam mempelajari storytelling.

Sandwich Video

image

Sandwich Video adalah perusahaan pembuat video khusus untuk perusahaan digital. Dimulai oleh Adam Lisagor di tahun 2009, Sandwich Video telah membuat berbagai video untuk perusahaan teknologi keren seperti eBay, Airbnb, Uber, Flipboard, dan masih banyak lagi.

Bicara soal storytelling, semua video di Sandwich Video punya cerita yang sangat menarik. Streaming video mereka satu per satu, dan saya jamin Anda akan menemukan berbagai gaya storytelling yang bervariasi, mulai dari yang kocak, serius, inspiratif, sampai yang mengharukan. Benar-benar referensi yang keren untuk belajar storytelling.

Kickstarter

image

Kickstarter adalah website crowdfunding project kreatif no. 1 di dunia, salah satu kiblat saya dan teman-teman @kitabisacom untuk mengembangkan crowdfunding di Indonesia. Kickstarter berisi ribuan project kreatif dari berbagai kategori seperti desain, film & video, komik, teknologi, musik, dan masih banyak lagi.

Setiap project yang disubmit berlomba mendapatkan dukungan dana dari publik dan komunitas target, karenanya semua menyajikan cerita yang menarik. Di Kickstarter, kita bisa mempelajari bagaimana teknik storytelling dalam menjual produk kreatif dan isu yang besar, baik dalam bentuk tulisan maupun video. Salah satu project favorit saya: Reframe

Jika Anda ingin belajar storytelling, apalagi passionate dengan produk kreatif, saya pastikan mengeksplorasi ide di Kickstarter seperti tidak ada habisnya.

TEDtalks

image

TED merupakan singkatan dari Technology, Entetainment, & Design: berisi talks berbagai tokoh dari berbagai latar belakang, mulai dari saintis, arsitek, politisi, seniman, hingga musisi. 

Berbeda dari seminar pada umumnya, TED mengedepankan storytelling: pembicara harus menyampaikan ide dengan cara bercerita, bukan hanya penyampaian poin dan materi.

It’s a heaven for finding inspirations. And yes, it’s also the best place to learn storytelling. Jika Sandwich Video dan Kickstarter adalah sumber belajar storytelling melalui video atau tulisan, TED merupakan sumber belajar storytelling melalui berbicara di atas panggung dan pertunjukan.

Brainpickings

Bagi saya, membaca buku tetaplah sumber belajar terbaik. Tapi jika ada terlalu banyak buku yang ingin kita baca, sementara tidak ada waktu (atau uang), maka Brainpickings bisa jadi solusi.

Blog milik Maria Popova ini berisi review teradap berbagai buku dan penulis – mulai dari sastra, fiksi, hingga buku sains dan biografi – tapi diceritakan dengan apik dan menarik. Sesuai judulnya, Brainpickings seperti membuka kepala penulis dan membedah pikiran melalui tulisan. Sarat dengan kontemplasi dan english vocabulary yang bersayap, blog ini bisa menjadi sumber inspirasi storytelling bergaya serius dan bermuatan “berat”.

Zenpencils

image

Jika Brainpickings terlalu berat, maka Zenpencils mungkin tempat yang ideal untuk Anda. Zenpencils berisi quote-quote inspiratif dari tokoh-tokoh terkenal, yang diterjemahkan menjadi komik. Blog ini menyebut dirinya sendiri sebagai Cartoon Quotes from Inspirational Folks.

Sangat menarik melihat bagaimana Gavin Aun Thang, sang komikus menerjemahkan kutipan ke dalam komik dengan cerita yang seringkali sangat berbeda, tetapi memiliki payung ide yang sama. Saat ini sudah ada lebih dari 150 komik yang ada di Zenpencils: pelajari bagaimana Thang bercerita da siap-siap terinspirasi oleh komiknya.


Itu tadi 5 sumber inspirasi untuk belajar storytelling. Ada rekomendasi website lain untuk belajar storytelling? Colek saya via twitter atau inbox tumblr. Semoga bermanfaat.

Salam kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close