DOs & DON’Ts: Yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan Untuk Inspirasi Kreatif

Everyone of us is born creative. Setiap dari kita terlahir kreatif, tantangannya adalah menjadi tetap kreatif saat beranjak dewasa. But again, creativity is a set of skill. Kreativitas bisa dibentuk dengan kebiasaan dan kondisi tertentu.

Dalam melakukan proses kreatif, kita seringkali sangat tergantung dengan kondisi, dan kondisi ini bisa kita bentuk. Berikut adalah infografis dari Entrepreneur.com yang membahas pembentukan kondisi dari hal yang harus VS hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjadi kreatif.

1. Be Mindful

Sebenarnya saya ingin menulis dalam bahasa Indonesia, tapi kesulitan mencari padanan kata mindful. Kata yang paling mendekati mungkin adalah khusyuk, terjemahan bebasnya fokus. Tentu kata meditate dalam infografis bukan hanya merujuk pada proses meditasi dengan duduk bersila sambil menutup mata. Sholat dan berdoa pun bisa masuk kategori ini; intinya adalah kegiatan ketika kita bisa sangat menyadari diri kita sendiri. Kegiatan seperti ini yang dilakukan secara rutin setiap hari mampu membantu kita fokus, sehingga proses kreatif dapat mengalir dengan lebih baik.

Dibandingkan harus bergadang semalaman atas nama “mencari inspirasi”, tidur yang cukup dan bangun di sepertiga malam lebih terbukti menghasilkan proses kreatif yang lebih baik.

2. Mencoba hal Baru, Bukan Menunggu

Tentu kita sering mendengar orang yang menunda pekerjaan lalu beralasan “nanti dulu, lagi nunggu inspirasi”. Inspirasi kreatif itu bukan ditunggu, tapi dicari. Caranya dengan melakukan hal baru. Jika kita seorang saintis yang mencari inspirasi penelitian, cobalah sesekali bermain game atau olahraga. Jika kita seorang penulis, cobalah sesekali traveling atau nonton film. Kebuntuan dalam kreativitas umumnya terjadi karena kita terlalu lama melihat masalah dari satu sudut pandang. 

Jika mengalami kebuntuan, selalu luangkan waktu untuk melakukan hal-hal baru agar otak kita terbiasa mendapatkan sudut pandang baru. 

3. Percaya Diri, Tapi Jangan Kerja Sendiri

Percaya pada kemampuan diri adalah salah satu komponen penting dalam kreativitas. Kreativitas dibutukan untuk memecahkan masalah, dan percaya pada kemampuan diri sendiri sudah menjadi setengah dari solusi masalah yang kita hadapi.

Tapi jangan kepedean, orang kreatif tak pernah bisa membuat karya besar dengan bekerja sendiri. Steve Jobs adalah contoh paling nyata; Jobs penuh percaya diri, tapi sejak awal dia bisa menghasilkan masterpiece karena dibantu Steve Wozniak, Mark Markkula, tim Macintosh, dan banyak orang lainnya. Biasakan bekerja dalam tim, karena dengan banyak sudut pandang kreativitas akan lebih berkembang dengan baik.

4. Meneladani, Bukan Berarti Meniru

Inspiration is not imitation. Banyak orang salah dalam menjadikan seseorang sebagai inspirasi. Kita tidak harus menjiplak mentah-mentah yang dilakukannya. Jika Mark Zuckerberg dan Bill Gates sukses karena dropout, bukan berarti kita harus dropout juga. 

Yang perlu kita lakukan adalah meneladani, bukan meniru. Saya pernah menulis tentang hal ini di tulisan berjudul Cara Menjadi Kreatif Dengan Mencuri Dari Yang Lain.

5. Percaya pada Semua Kemungkinan

Seorang kreatif harus terbuka pada semua kemungkinan. Salah satu cara melatihnya adalah dengan berkata, “Ya, terus?”. Pertanyaan ini akan terus membuka pikiran kita untuk melihat angle baru dalam mencari solusi suatu masalah.

Yang harus dihindari adalah selalu mengatakan tidak pada suatu kemungkinan tanpa mengujinya terlebih dahulu. Hal ini akan mematikan kreativitas.

6. Eksplorasi, Bukan Berdebat

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, pekerja kreatif harus berani bereksplorasi kepada berbagai kemungkinan. Bukan sedikit-sedikit mendebat dan menutup kemungkinan dalam menciptakan solusi atau karya.


Itu tadi 6

hal yang harus VS hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjadi kreatif. Semoga bermanfaat, salam kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close