kak iqbal, abis acara ymf tadi aku baca2 blog kamu dan suka dehh. mau tanya dong kak gimana caranya biar bisa nulis dan beropini kayak kakak gitu. Makasih inspirasinya kak :)))

Halo yang di sana, terima kasih sudah ikutan kelas YMF kemarin 🙂

“Kayak kakak gitu” tuh gimana ya? 😀

But anyhow, berikut pendapat yang ingin saya bagi.

Dalam beropini, ada dua hal yang saya yakini. Pertama, bahwa semua orang hebat beropini. Istilahnya, opinionated. Tidak netral dan berpijak pada satu keyakinan.

Memiliki opini berarti memiliki pendirian dan satu sudut pandang. Saya yakin semua orang pada dasarnya opinionated, bedanya tidak semua orang berani beropini. Hal ini terkait dengan hal kedua: opini bersifat subjektif.

Karena subjektif, tidak mungkin kita bisa membuat semua orang setuju. Banyak orang tidak berani beropini karena takut penentangan dan cacian. Padahal apapun opininya pasti ada yang setuju dan tidak setuju. Rasulullah – manusia nomor satu di muka bumi – aja banyak musuhnya kok. Dia punya banyak musuh karena berani beropini menyuarakan kebenaran.

Dengan memahami kedua hal tadi, beropini hanya butuh satu hal: keberanian. Beranilah menyuarakan opini kamu dimanapun kamu berada. Buat saya, beropini bukanlah tanda sok tahu dan merasa paling benar. Opini justru adalah bagian dari kerendahan hati dan keinginan mencari kebenaran.

Opini selalu membuka diskusi, dan diskusi selalu membuka jalan menuju kebenaran.  

Menulis, adalah salah satu media beropini. Jadi pada dasarnya jawaban saya untuk bagaimana cara beropini sama dengan bagaimana caranya menulis.

Saya pernah membuat beberapa tulisan yang membahas konsep dan cara menulis yang saya yakini, diantaranya: tentang proses input dan output dan menulis untuk berekspresi, bukan membuat impresi

Ah satu lagi, tadi pagi saya juga baru lihat @satriamaulana berbagi tentang 5 tips untuk bisa membuat tulisan yang mengalir. Sangat simpel dan bermanfaat.

Silahkan dibaca dan semoga membantu.

Salam kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close