Hai Kak Iqbal, salam kenal, maaf pake anonim. Subjective 2 nya seperti bicara dg diri sendiri. Kena banget. Dan Kak Iqbal sudah merangkum dg pas dalam suasana siaran radio. HAHAHA. Jadi intinya tentang kebermanfaatan dan ketentraman batin ya kak. Misal kakak bekerja dalam birokrasi yang tidak sesuai dg idealisme (sewaktu mahasiswa), bagaimana menghadapinya? Terima kasih.

Halo yang di sana. Saya ragu mau bilang salam kenal juga, soalnya saya gatau kamu siapa :D. Tapi yaudah, salam kenal! Dan terima kasih sudah mendengarkan Subjective 🙂

Pertama, rasanya perlu didefinisikan dulu idealisme seperti apa yang bertabrakan dengan kondisi di tempat bekerja tersebut. Jika sudah masuk ranah prinsip, seperti tidak boleh istirahat sholat, tidak boleh melakukan protes pada sesuatu yang salah, atau dibiasakan sogok menyogok, maka selamatkan diri dengan keluar. Cari tempat lain dengan niat yang baik, Tuhan akan berikan ganti yang lebih baik. 

Sedangkan jika tidak prinsip, ini perspektif personal saya.

Saya termasuk orang yang tidak bisa bekerja dan beraktivitas di tempat yang tidak menentramkan hati saya. Bagi saya, ketentraman hati adalah yang paling utama: kalo hati tidak tenang, rasanya malas bekerja dan berkarya.

Sebisa mungkin, cari tempat bekerja yang bisa membuat hati nyaman dan tenang.

Tapi kita semua tahu kondisi itu tidak selamanya bisa dicari. 

Dan lebih penting lagi, kondisi tersebut tidak selamanya baik. Kondisi yang menenangkan biasanya masuk zona nyaman, dan zona nyaman tidak bisa membuat kita bisa berkembang.

Jika birokrasi tempat kita bekerja bertentangan dengan idealisme kita, ini saran saya: (1) Bersyukur, karena setidaknya kita masih punya idealisme untuk diperjuangkan, (2) Lihat masalah tersebut sebagai peluang, bukan hambatan. Dengan mindset tersebut, kita tidak akan berhenti pada keluhan dan berfokus pada pencarian solusi. Dan terakhir, (3) Anggap kita sedang berada di zona tantangan yang memaksa kita berkembang. Optimis dan berbaik sangka, bisa jadi Tuhan mengutus kita di tempat tersebut sebagai pembawa perubahan.

Semoga membantu dan selamat berjuang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close