Jauh Lebih Bermakna

Saya tidak pernah merayakan ulang tahun seumur hidup saya.

Serius. Tidak pernah satu kali pun saya secara sadar membuat pesta yang judulnya perayaan ulang tahun dan datangnya dari saya.

Alasannya ada dua, dan sederhana saja. Pertama, karena memang tidak ada budaya merayakan ulang tahun di keluarga saya. Kedua, yang juga menjadi alasan untuk alasan pertama, karena ulang tahun bagi saya tidak penting-penting amat.

Apa sih pentingnya ulang tahun? Alibi beberapa orang, ulang tahun penting dirayakan untuk bersyukur. Evaluasi. Muhasabah.

Sayangnya (atau syukurnya) saya diajarkan untuk melakukannya setiap hari, minggu, dan bulan. Saya tidak merasa butuh momen khusus yang sifatnya tahunan untuk melakukannya.

Sebenarnya ada alasan lain. Tapi ini lebih pada bentuk penolakan pada kesalahan yang saya lihat di sekitar saya. Saya tidak suka melihat perayaan ulang tahun yang cuma pesta pora. Apalagi budaya ceplok telor, buang-buang terigu, atau lempar teman ke kolam. Lebih banyak sia-sia daripada manfaatnya. Seringkali tidak masuk akal di benak saya. Terlebih kalo isinya cuma buang-buang makanan, tawa-tiwi sana-sini, dan hura-hura haha-hihi.

Bagi saya ulang tahun memang tidak sepenting itu.

Sampai saya sadar satu hal.

Semakin luas pergaulan, semakin banyak pula saya bertemu orang-orang. Dan diantara mereka, ada orang-orang yang punya ikatan emosional dengan ulang tahun.

Bagi orang-orang tertentu, ulang tahun sangat penting. Bukan karena mereka ingin merayakannya, tapi karena setiap waktu yang mereka lewatkan benar benar tidak tergantikan nilainya.

Mereka yang bahkan tak pernah yakin jika besok masih ada.

Mereka yang setiap detiknya harus berjuang melawan penyakitnya.

Karenanya ketika sampai di hari kelahiran mereka, tak ada yang pantas diucapkan selain syukur dan bergembira atas karunia-Nya.

18 November 2015 ini, saya ingin merayakan ulang tahun untuk pertama kalinya.

Bukan dengan pesta, dan bukan untuk saya.
Tapi untuk pahlawan kecil yang setiap detik hidupnya begitu berharga.

Saya tidak butuh hadiah, tapi bantu saya memberi hadiah untuk dia. Saya ingin ulang tahun saya bisa membuatnya bahagia dan kuat melawan penyakitnya.


image

Namanya Siti. Umurnya 3 tahun, dan sejak usia 3 bulan, bola mata Siti berkilau dan membengkak. Saat diperiksakan ke rumah sakit, diagnosa dokter bilang Retinoblastoma.

Saat pertama diceritakan Mas Bowo dari Komunitas Taufan, saya sendiri yang anak biologi tidak tahu apa itu retinoblastoma. Bahasa simpelnya, Siti terkena kanker mata. Satu tahun lamanya Siti tak mampu berobat karena tidak punya kelengkapan administrasi sebagai pelengkap untuk mendapatkan kartu gratis pengobatan. Orangtua Siti bekerja sebagai pemulung.

Bola mata Siti semakin membesar dan pecah tanpa perawatan medis, hingga dengan getirnya kedua orang tua Siti menyaksikan kesakitan pada buah hatinya. Lalu dengan segala kemampuan, akhirnya Siti bisa menikmati layanan pengobatan gratis dari pemerintah hingga hari ini.

Siti sudah melakukan perawatan dengan kemoterapi hampir 2 tahun dan sudah melakukan operasi. Kini tinggal melakukan 1 kali lagi rangkaian kemoterapi untuk selanjutkan akan di lakukan evaluasi.

Saya tidak pernah ketemu Siti, tapi saya kenal mas Bowo dari Komunitas Taufan. Komunitas Taufan adalah Yayasan yang melakukan pendampingan untuk anak-anak penderita kanker, dan salah satu pasien dampingannya adalah Siti.

Komunitas Taufan mendampingi anak-anak ini untuk kebutuhan non-medis seperti memberikan supply makanan, biaya transportasi ke dan dari rumah sakit, boneka, buku cerita, dan apapun yang bisa membuat mereka bahagia.

image

Saya ingin ulang tahun kali ini saya rayakan untuk kebahagiaan Siti dan keluarganya.

Untuk membuat Siti kuat dan tidak takluk dengan penyakitnya.

Klik kitabisa.com/ulangtahuniqbal, klik tombol donasi dan bantu saya membuat ulang tahun kali ini jauh lebih bermakna.


Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu Siti dan keluarga dalam biaya transportasi dari dan ke rumah sakit untuk kemoterapi, susu kotak untuk kesehatan Siti, dan kebutuhan diaper. Target saya 1.500.000, tapi semakin banyak uang yang terkumpul maka semakin besar pula bantuan yang bisa kita berikan untuk Siti. Plus sebagai bagian dari gerakan Movember, I will grow my stache during November. Semoga bisa menjadi tren baru dalam merayakan ulang tahun.

Bantu dengan donasi dengan klik kitabisa.com/ulangtahuniqbal atau bantu Reblog untuk lebih banyak orang membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close