Assalamu’alaikum, Bang Iqbal. Gue Dian. Salam kenal. Mau nanya nih, menurut lo, anak muda yang produktif itu yang kaya gimana? Dan dari sisi lo sendiri, pernah gak sih ngerasa lagi gak produktif dan gimana cara kembali mem-produktifkan diri sambil menebar-nebar manfaat buat orang lain? Btw, gue udah download dan denger semua episode podcast lo. Gue punya keresahan yang sama, tapi gabisa se-kritis, se-subjective, dan se-gila lo. Heu heu. Makasih jawabannya nanti, Bang! :D

Waalaikumsalam, halo @dyananggra​, salam kenal 🙂

Menurut saya, anak muda produktif adalah mereka yang mengisi waktunya untuk berkarya. Karya itu sendiri bisa didefinisikan dalam banyak hal; bisa sesuatu yang jadi kewajiban kita (seperti kuliah), sesuatu yang kita sukai (seperti hobi), sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain (berkegiatan sosial), atau paling tidak bermanfaat untuk diri sendiri (baca buku).

Masa tidak produktif, tentu pernah. Bahkan 2 pekan belakangan pun saya merasakan hal serupa. Ada banyak faktor yang membuat produktivitas kita menurun. Yang paling sering saya alami adalah kebosanan dan manajemen waktu yang buruk.

Jika produktivitas mulai terasa menurun karena bosan, ada tiga hal yang biasanya saya lakukan: hangout ke bioskop atau toko buku, pergi ke meetup sebuah komunitas untuk bertemu orang-orang baru, atau nongkrong dengan teman-teman yang asik diajak berdiskusi. Intinya coba refreshing dengan beraktivitas dan temui orang-orang yang berada di luar rutinitas kita.

Adapun jika produktivitas menurun karena manajemen waktu yang buruk, berarti kita perlu memperbaiki cara kita mengatur waktu. Dalam hal ini, saya sendiri masih belajar dan terus memperbaiki diri.

Ada banyak buku maupun blog yang membahas lifehack dan tips manajemen waktu yang baik. Berikut beberapa artikel yang saya rekomendasikan:

Semoga membantu.

Makasih banget ya udah dengerin Podcast Subjective, ditunggu untuk berbagi keresahan yang sama. Semoga bermanfaat.

Salam kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close