https://api.soundcloud.com/tracks/259260403/stream?client_id=N2eHz8D7GtXSl6fTtcGHdSJiS74xqOUI?plead=please-dont-download-this-or-our-lawyers-wont-let-us-host-audio

Subjective Ep. 5: How To Be Incorruptable

The Dark Knight sudah jadi film favorit saya sepanjang masa sejak pertama kali nonton tahun 2008. Saya ingat sekali hari itu, di penghujung liburan, saya nonton film ini di bioskop sebelum lanjut kembali ke pesantren.

Setelah 152 menit yang intens dengan konflik dan cerita yang kelam, 2 jam berikutnya saya melayang dengan pikiran saya sendiri di atas bus Bekasi-Karawang. Saya terpikir tentang betapa rapuhnya manusia, betapa rentannya kita pada dusta, dan betapa dekatnya kita dengan mengkorupsi diri sendiri.

Film ini saya tonton berulang kali dan rasanya selalu ada hal baru yang saya pelajari. Tapi hal terbesar yang saya pelajari selalu dan selalu tentang korupsi.

Dan hal itu yang saya tumpahkan di podcast kali ini.

Sounds heavy, but not exactly. Saya cuma cerita sudut pandang saya tentang korupsi: bahwa korupsi ga selalu tentang uang, dan korupsi ga selalu tentang hal besar. Semua orang berpotensi melakukan korupsi, dan hanya ada dua jenis orang yang hampir tidak mungkin terkorupsi: Orang seperti Batman yang punya segalanya, atau orang seperti Joker yang tidak peduli apa-apa.


Podcast ini sebenarnya direkam sudah cukup lama, dari bulan Oktober 2015. Waktu itu ceritanya saya dapat email dari @rizafahmi22, yang menemukan podcast saya dan ngajak main ke studio. Mas Riza juga mengelola Podcast Appscoast, podcast tentang dunia startup Indonesia.

Di studio Appscoast, saya akhirnya cobain rekaman ala-ala penyiar radio dengan cuap-cuap tentang korupsi, dan jadilah episode ini.

image

Durasinya hanya sekitar 30 menit, so take it easy.

Streaming via Soundcloud or iTunes, atau download dan jadikan podcast ini sebagai sohib di jalan atau teman di kosan.

Join me, and you will listen to my subjectivity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close