Bang Iqbal, apa pendapat lo tentang orang yang “Jack of all trades, master of none”? Apakah orang macem gitu akan bisa nemuin passionnya? Kayak gue yang ayo dan bisa-bisa aja lakuin banyak hal. Tapi dari semua yang gue bisa, gak ada satu pun yang gue kuasain banget banget. Misalnya gue bisa matematika, ipa, ips, bahasa. Nilai gue oke-oke aja. Tapi cuma bisa doang–nggak jago. Disitu kadang gue ngerasa sedih…. :(

Halo yang di sana,

Terima kasih untuk pertanyaan menariknya. Pertanyaan ini juga saya #jawabdipodcast episode 6. Tapi menurut saya menarik juga untuk dibahas di sini.

Istilah Jack of All Trades – Master of None kurang lebih merujuk kepada orang-orang yang memiliki keahlian di banyak bidang, tapi tingkat keahliannya hanya sampai level medium. Tidak sampai level expert.

Sementara di sisi yang berseberangan, ada orang-orang yang memiliki keahlian hanya di satu bidang, tapi pengetahuannya benar-benar mendalam sebagai expert.

Secara istilah, Jack of All Trades ternyata tidak sinonim dengan Master of None. Artinya, orang yang punya keahlian di banyak bidang belum tentu tidak punya expertise mendalam di salah satu bidang.

Bisa saja, pengetahuannya di banyak bidang justru yang menjadikannya lebih unggul dibanding yang lain. This is debatable, but I think Steve Jobs is one of them.

Jobs bukan engineer. Dia tidak bisa coding. Dia bukan desainer. Secara skill, dia juga bukan penulis yang baik. Tapi pengetahuannya di banyak membuatnya mampu mengombinasikan semuanya menjadi produk dengan selera desain yang tinggi.

He is just connecting the dots.

Balik ke pertanyaan, apakah orang seperti itu akan bisa menemukan passionnya?

Tentu bisa. Kalau soal passion, tinggal terus dicari aktivitas apa yang paling membuat diri kamu merasa berdaya dan bisa mengeluarkan potensi maksimal. Saya pernah tulis tentang passion di sini.

  • Berikut beberapa artikel yang mungkin juga bisa membantu untuk memahami Jack of All Trades – Master of None:
  • Semoga bermanfaat. Salam kreatif! 

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    w

    Connecting to %s

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d blogger menyukai ini:
    search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close