Assalamu’alaikum kak, izin bertanya. Apakah mahasiswa yang bisa masuk dalam kategori bermanfaat bagi sekitarnya harus terjun dalam organisasi kemahasiswaan seperti BEM/semacamnya? Dari perspektif kakak bagaimana? Terima kasih sebelumnya :)

Waalaikumsalam,

Salam kenal @aldhilawandaa​!

Menjawab pertanyaannya: tidak harus. Mungkin mindset seperti ini sering ada karena orientasi mahasiswa baru umumnya dipegang oleh teman-teman BEM dan organisasi intra kampus, sehingga seringkali tanpa sadar kita “didoktrin” bahwa menjadi mahasiswa bermanfaat harus melalui BEM dan organisasi kampus lainnya.

Padahal sih tidak harus. Iya BEM salah satunya, tapi ada sangat banyak cara lain untuk menjadi bermanfaat. Bisa dengan ikut komunitas, aktif di kegiatan keagamaan, bangun bisnis sendiri, dan masih banyak lagi.

Saya punya banyak teman yang jarang sekali nongol di kampus, dan sekilas nampak seperti mahasiswa kupu-kupu yang setelah kuliah langsung pulang. Tapi ternyata mereka tidak pulang, tapi langsung cabut untuk berkegiatan di luar. Ada yang jadi relawan panti jompo, ada yang sibuk belajar jadi asisten pebisnis besar, ada yang ikut komunitas untuk belajar skill tertentu.

Jadi ada sangat banyak cara menjadi bermanfaat. Eksplorasi sebanyak-banyaknya, pilih tempat yang memberikan kamu banyak kesempatan belajar dan berjejaring dengan banyak orang.

Satu hal penting terakhir yang saya juga masih mempelajari hal ini: ayo belajar menghargai kebaikan diri sendiri dan kebaikan orang lain.

Ada banyak jalan kebaikan, dan mereka ada bukan untuk dibanding-bandingkan. 

Semoga kita semua masuk kategori manusia bermanfaat.

Salam kreatif!

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.