#TheCoffeeTalks: Ngobrolin Pasca Kampus Bareng Alumni

Semua berawal dari Podcast Subjective Ep. 2.

Waktu itu, saya menceritakan keresahan saya tentang galaunya mahasiswa yang seringkali bingung menentukan mau ke mana setelah lulus. Kegalauan ini ternyata universal, karena mendapatkan sangat banyak respon. Bukan hanya dari mereka yang masih kuliah, tapi juga dari mereka yang sudah lama lulus dan pernah merasakan hal yang sama.

Salah satunya, dari teman-teman saya semasa kuliah di FMIPA UI. @yuzamulia, @barrysianturi, @ahmmujahid, @rihlahfarhati, dkk. yang setelah mendengarkan ocehan saya, ngajak nongkrong bareng dan kami ngobrol banyak tentang kegalauan yang kami rasakan juga. Mereka ini teman-teman aktivis yang sehabis obrolan langsung follow up dengan pertanyaan, kira-kira apa yang bisa kita lakukan untuk membuat perubahan?

Kami mulai dengan ide sederhana: berbagi cerita. Kami bukan alumni bertitel sukses, lulus aja baru 2-4 tahun. Kami cuma ingin berbagi pengalaman, dan kami tidak memberi jawaban. Kami justru memancing pertanyaan.

Dari mulai cerita tentang kebingungan setelah lulus, sulitnya cari pekerjaan yang pas, hingga gimana caranya survive saat salah jurusan. Semua diceritakan dengan santai dan (sok) ala-ala TEDx.

Dan 22 Mei 2016, hadirlah #TheCoffeeTalks. Acara casual dimana kami beneran menyediakan minuman biar bisa ngobrol santai sambil ngopi.

image
image
image
image
image
image

It was a fun event. Dan sejak awal, saya sudah usahakan agar semua sesi direkam dalam bentuk video untuk juga bisa dishare via Youtube dan Soundcloud. And here we go, kumpulan video obrolan kami di #TheCoffeeTalks kemarin. 

Ngobrolin Passion

@barrysianturi ini dulu salah satu idola dedek gemesh di kampus MIPA: you know, that kind of guy yang ganteng, pintar, dan jago main musik. Sempat kerja di Mediatrack sebagai data scientist, alumni matematika ini sekarang lanjut kuliah di Imperial College London.

Di video ini, Barry ngobrolin tentang passion, kompetensi, dan kontribusi.

Lanjut Kerja, Bisnis, atau S2?

Sesi ini adalah sesi lebih lanjut dari obrolan saya di Podcast Subjective episode 2. Saya bercerita lebih banyak tentang perjalanan saya selama kuliah: kenapa saya masuk jurusan biologi, pengalaman saya menghadapi salah jurusan, dan bagaimana saya menghadapi kegalauan memilih jalan setelah lulus.

Saya juga melanjutkan obrolan dengan tiga teman yang mewakili tiga keputusan yang berbeda: Marsya (@jungleblog) yang melanjutkan S2 ke University of Queensland, Rizal (@idjalmen) yang lanjut kerja di sebuah perusahaan swasta, dan Nisa (@nsavidya) yang bikin bisnis sendiri.

Cerita Tentang Salah Jurusan

Ghoida (@ghoidarahmah) merupakan alumni Geografi yang melanjutkan karir sebagai jurnalis di Tempo. Di sesi ini, Ghoida cerita tentang perjalanannya melalui kuliah Geografi dan gimana dia mendapatkan pekerjaannya yang berbeda dari jurusannya.

Susahnya Cari Kerja Yang Pas – Immanuel Rustijono

Sama seperti Barry, Immanuel (@rustijono) juga termasuk kategori idola dedek lucu di jaman kuliah dulu. Jago bermusik, aktif di BEM, dan vokal bersuara. Nuel bercerita tentang pengalamannya yang kesulitan mencari pekerjaan yang pas. Dalam dua tahun terakhir, Nuel sudah berpindah-pindah tempat kerja beberapa kali, dan dia berbagi hal yang dia pelajari di sesi ini.

21st Century Skills

Yuza Mulia, alumni Matematika asal Aceh yang super aktif semasa kuliah. Karir aktivisnya menanjak terus dari tingkat jurusan, BEM Fakultas, sampai BEM UI. Di tahun-tahun terakhir, Yuza juga aktif sebagai YOT Campus Ambassador.

Menutup #TheCoffeeTalks, @yuzamulia​ bercerita tentang 21st Century Skills; skill-skill penting yang harus dimiliki mahasiswa yang akan segera lulus untuk bisa menghadapi dunia yang sebenarnya.


Itu tadi video dokumentasi sesi sharing di #TheCoffeeTalks. Ada satu video tambahan dari @abdulbasir_id (Founder rumahsinau.org) tentang bikin startup. Versi audio dari tiap sesi juga bisa didengarkan di https://soundcloud.com/thecoffeetalk.

Meskipun inisiatif ini datang dari alumni MIPA, tapi saya jamin cerita yang disajikan universal dan bisa relate dengan mahasiswa dari jurusan apapun.

Semoga sharing yang kami lakukan bisa membantu teman-teman di manapun untuk menentukan jalan hidup setelah lulus kuliah.

image

Salam kopi! 

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.