Choose to Grow

Waktu dua bulan yang lalu main ke Semarang, saya mendapatkan handlettering ini sebagai hadiah 1 tahun Podcast Subjective. Goresan keren ini karya sohib gaul asal Pontianak, @zulfianrahman namanya.

Zulfian teman saya dari jaman pesantren. Dia salah satu kru MAPLIS, singkatan dari Majalah Papan Tulis. Saya tau namanya agak alay, tapi geng ini isinya 5 orang gila, teman-teman saya yang kreatifnya kebangetan, jago gambar, dan punya ide-ide liar. Geng ini, adalah tempat saya belajar menumbuhkembangkan ide-ide kreatif dan semangat berkarya.

Sebagai anak-anak yang isi kepalanya selalu meletup, di tengah keterbatasan media untuk berekspresi, kami menggunakan papan tulis di asrama sebagai kanvas seni yang kami gubah setiap hari. Kita menulis, menggambar, dan bikin ilustrasi macam-macam di sana.

Dulu sih kami merasa keren. Dan memang keren, saat itu. Tapi setelah lama lulus dan sempat lihat lagi karya-karya kita dulu, ternyata kita baru sadar kualitas kita dulu sangat cupu. Kesadaran ini bikin saya sadar hal penting lainnya: ternyata kita bertumbuh.

Kata @pandji.pragiwaksono, kunci berkarya adalah bertumbuh. Bukan berpikir gimana caranya membuat karya terbaik seumur hidup, karena kalo gitu, setelah itu tercapai kita akan berhenti berkarya. Yang benar adalah selalu berpikir gimana bikin karya yang lebih baik dari karya kita yang sebelumnya.

Cara paling mudah mengukurnya adalah dengan lihat karya-karya kita di masa lalu. Kalau kita bisa dengan mudah menertawakannya, berarti kita sudah naik kelas dan bertumbuh jadi lebih baik.

Zulfian ini, handletteringnya dulu cupu. Pake banget. Dan saya yakin dia akan ketawa lihat karyanya yang dulu, karena yang sekarang sudah jauh lebih keren dan berkualitas dari segi skill maupun hasilnya. Cek aja instagramnya @zulfianrahman atau Tumblr-nya @vintagestrikesback.

Saya melihat dia bertumbuh, sebagaimana dia melihat saya juga bertumbuh.

Dan jika ada satu hukum universal yang berlaku sama di industri kreatif, dunia startup, dan biologi sekaligus, maka saya melihatnya dalam hukum bertumbuh.

“As entity/startup/creature, you only have two choices: you gotta grow, or die

Let’s always choose to grow.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close