Belajar di World Press Freedom Day 2017, Jakarta

Senin kemarin (1/3), saya menghabiskan hari libur dengan mengikuti event World Press Freedom Day 2017 di JCC Senayan, Jakarta.

World Press Freedom Day yang diperingati pada tanggal 3 Mei setiap tahunnya adalah event tahunan untuk meningkatkan awareness terhadap kebebasan pers sebagai salah satu kekuatan perubahan. Seperti kata Kang Ridwan Kamil, media adalah salah satu tonggak besar perubahan selain bisnis, pergerakan masyarakat, dan pemerintah.

Salah satu rangkaian World Press Freedom Day 2017 di Jakarta adalah Workshop on Media Literacy and Citizen Journalism. Di hari senin saat semua libur, saya dan 20 jurnalis muda lain ikutan acara ini.

Workshop ini diselenggarakan UNESCO Bangkok dan Rappler Indonesia. Selama satu hari, saya belajar banyak tentang peran media, kebebasan berekspresi, sampai hal-hal teknis dalam menulis di sosial media.

Di awal acara, kami melakukan game role playing, dimana sebagian peserta ditunjuk untuk berperan sebagai jurnalis, dan sebagian lainnya ditunjuk sebagai pemerintah. Kami diberikan skenario dimana jurnalis harus menuliskan artikel laporan tentang sebuah kecelakaan yang menelan banyak korban akibat korupsi yang dilakukan pemerintah. Sementara itu, semua berita harus melalui filter pemerintah sebelum bisa dipublikasikan di media.

Saya kebagian peran sebagai jurnalis. Setelah tulisan selesai, peserta yang menjadi pemerintah akan melakukan screening dan menetukan apakah tulisan tersebut lolos dipublikasikan atau ditolak.

Ternyata tulisan saya ditolak, hehe. Wajar sih, saya banyak nulis kalimat provokatif di artikelnya.

Role-playing game ini mengingatkan saya dengan serial Netflix berjudul House of Cards, yang juga bercerita tentang politisi dan seorang jurnalis. Aktivitas ini membuka wawasan saya bahwa menjadi jurnalis bukanlah pekerjaan mudah. Jurnalis harus menulis berdasarkan fakta, tidak bias, dan harus bisa berkompromi pada titik tertentu agar informasi bisa sampai pada tujuan besarnya.

Selanjutnya, kami berdiskusi tentang Freedom of Expression, salah satu bahasan simpel yang sulit sekali saya jawab. Di salah satu sesi, David Young, pembicara dari UNESCO Bangkok, menanyakan hal simpel yang sulit sekali saya jawab.

“Do you think you have freedom of expression?”

Saya berpikir cukup lama untuk pertanyaan ini, karena di satu sisi saya merasa saya punya segala kebebasan untuk berekspresi. Tapi di sisi yang lain, saya punya banyak ketakutan dijudge karena opini-opini saya, sehingga banyak opini yang tidak saya ekspresikan di ranah publik.

Screencap artikel liputan Rappler tentang event workshop (yang ada sayanya). Baca di sini.

Di sesi berikutnya, Abdul Qowi dan Natashya Gutierezze dari Rappler Indonesia berbagi tentang penggunaan Social Media for Social Good dan Multimedia Reporting.

Di akhir acara, kami pun ditantang untuk membuat artikel dengan teknik multimedia reporting tentang acara di hari itu.  Saya menuliskan kebingungan saya tentang kebebasan berekspresi. Dan saya lengkapi dengan melakukan wawancara singkat dengan peserta lain yang ada di sana.

Hasilnya, artikel ini yang saya publikasikan di platform Rappler X.

Dan saya presentasikan di depan teman-teman peserta yang lain.

It was a very fruitful day for me. Rasanya workshop ini adalah aktivitas belajar dalam kelas yang saya jalankan lagi setelah sekian lama. Jadi kangen masuk kelas lagi.

Thanks for UNESCO Bangkok and Rappler Indonesia untuk kesempatan belajarnya. Will use the knowledge for writing good news and spreading positivity in our social media!


Further Read

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close