Yang Bisa Kita Lakukan

Saya seringkali capek melihat orang yang suka membanding-bandingkan kebaikan.

“Mending lo sedekah ke orang sakit kayak gini, daripada ke ibu-ibu warteg ga jelas”

“Emang kalo lo sedekah ke orang yang ga lo kenal nyampe uangnya? Mending ke tetangga sendiri lebih jelas hasilnya”

“Ngapain sih sedekah jauh-jauh buat Syiria, tuh orang miskin juga masih banyak di Papua”

“Kurang kerjaan banget sih nolong kucing, tuh orang juga masih banyak yang sakit dan butuh bantuan”

Komentar-komentar ini, seringkali hanya bikin capek. Kesal. Muak.

Capek karena orang-orang ini susah sekali dibuat paham, kebaikan itu bisa dilakukan dengan banyak cara.

Kesal karena orang-orang yang hobinya hanya berkomentar dan membanding-bandingkan, biasanya justru orang yang tidak melakukan apa-apa.

Muak karena saat menghujat, orang-orang seperti ini berani berdiri paling depan. Tapi saat ditantang untuk turun tangan malah lari dan diam di barisan paling belakang.

I may sound righteous, but I’ll tell you what.

Berbuat baik itu relatif.

Relatif definisinya, relatif caranya, relatif pencapaiannya.

Nabi Muhammad sendiri menunjukkan bahwa kebaikan tidak hanya punya satu jalan. Saat ditanya siapakah orang yang paling baik amalannya, maka jawabannya ada banyak versi, tergantung situasi dan kondisi.

Ada yang harus berjihad dengan perang.

Ada sahabat yang justru dilarang perang karena disuruh fokus menjaga ibunya.

Ada yang diajarkan untuk menahan amarahnya.

Ada juga yang diarahkan untuk memberikan sedekah harta.

Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Kebaikan setiap orang itu berbeda-beda, karena kita hadir dengan peran yang berbeda-beda. Surga pun dihadirkan dengan pintu yang berbeda-beda.

Maka jangan pernah sibuk membandingkan kebaikan yang satu dengan yang lainnya. Tapi sibuklah mencari kebaikan apa yang bisa kita lakukan.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.