10 Buku Terbaik Yang Saya Baca di Tahun 2017

Buat saya, buku adalah kebutuhan premier.

Meski begitu, 2017 ini menantang karena saya harus beradaptasi dengan pace kehidupan baru yang mulai berbeda. Tahun ini rasanya saya berusaha lebih keras untuk bisa membaca buku dengan frekuensi yang sama atau lebih banyak dari tahun sebelumnya.

But it still great reading year. Ini dia 10 buku terbaik yang saya baca di tahun 2017.

1. The Airbnb Story, Leigh Callagher

Judul lengkapnya The Airbnb Story: How three ordinary guys disrupted an industry, made billions, and created plenty of controversy. Buku ini bercerita tentang perjalanan Airbnb sebagai sebuah startup digital, dimulai dari sejak trio co-founders Airbnb memulai bisnis mereka di San Fransisco hingga tumbuh menjadi perusahaan global dengan valuasi lebih dari 31 Milyar USD. Berisi cerita menarik dan insight berharga tentang bisnis, manajemen, dan organisasi. Saya juga sempat merangkum buku ini di tulisan sebelumnya.

2. Creativity Inc, Edwin Catmull

Ini buku paling menyenangkan yang saya baca tahun ini: kombinasi insight bisnis dan manajemen yang padat + strategi mengembangkan produk kreatif + cerita dan sejarah salah satu brand favorit saya: Pixar. Saya beli di Google Playbooks dari voucher gratis yang saya dapat dari mas @sheggario. Diceritakan oleh Ed Catmull, Creativity Inc menceritakan sejarah Pixar dan berbagai cerita balik layar berbagai film animasi besar seperti Toys Story, Monsters Inc, sampai Wall-E.

3. Lean In, Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg adalah Chief Operating Officer Facebook, salah satu ikon wanita di Sillicon Valley. Buku ini bercerita pengalaman dan pandangannya tentang wanita di dunia bisnis dan teknologi. Buku yang recommended untuk membuka wawasan tentang peran wanita yang bisa sukses berperan di keluarga sambil terus berkarya.

4. Design to Grow, David Butler

Buku recommended yang wajib dibaca oleh startup yang baru akan berkembang maupun perusahaan besar yang harus beradaptasi untuk terus bertahan. Ditulis oleh David Butler, VP of Innovation Coca Cola, buku ini menceritakan bagaimana Coca Cola menggunakan desain untuk mengembangkan salah satu brand dengan produk paling timeless sedunia.

5. Journal of Gratitude, Big Bear and Bird

Buku simpel nan menyenangkan yang saya beli ketika Harbolnas. Berisi ilustrasi lucu yang menggemaskan, setiap halaman buku ini mengingatkan kita hal-hal kecil yang bisa kita syukuri setiap hari. Jika dibaca langsung bisa habis di bawah satu jam, tapi buku ini bisa jadi buku yang dibaca satu dua halaman setiap pagi atau sebelum tidur. Buku ringan dan berisi di waktu yang sama.

6. I Am Zlatan Ibrahimovic, David Lagercrantz

Saya sangat menggemari buku-buku biografi, karena kisah hidup seseorang selalu punya cerita menarik yang bisa kita pelajari. Termasuk kisah Zlatan Ibrahimovic. Ini buku yang saya beli random ketika mampir di toko buku, dan ternyata seru! Ibra adalah salah satu pemain terbaik dunia, yang selalu membawa klubnya memenangkan liga; dari Ajax, Juventus, Intermilan, Barca, Milan, hingga PSG. Lewat buku ini, Ibra bercerita pengalamannya; dari masa kecilnya yang suram di Swedia, sepak bola sebagai pelariannya, hingga karirnya yang penuh kejutan dan kehidupannya bersama keluarga.

7. Andy Noya, Robert Adhi

Buku biografi salah satu host paling populer di Indonesia, Andy F. Noya. Banyak dari kita yang hanya mengenal bang Andy dari acara Kick Andy, tapi jauh sebelum itu bang Andy punya cerita panjang tentang masa kecilnya yang dibully, perjuangannya berkuliah di bidang jurnalistik, dan perjalanannya menjadi jurnalis di berbagai media. Menarik untuk membaca perjalanan hidup seseorang yang selama ini hanya kita kenal dari layar kaca.

8. Elon Musk, Ashlee Vance

Saya penggemar berat Iron Man, hingga mau tidak mau akhirnya saya menemukan nama Elon Musk, representasi dan benchmark Tony Stark di dunia nyata. Jenius, super kaya, menggilai inovasi dan teknologi. Mulai meroket setelah sukses mengembangkan Paypal, Elon Musk membangun perusahaan gila: SpaceX, Tesla, The Boring Company, dan Solar City. Buku seru untuk tahu cerita menarik di balik jenius gila yang merevolusi teknologi dunia.

9. The Life Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo

Buku terbaik untuk mengakhiri 2017 dan memulai 2018. Berisi metode yang dikembangkan Marie Kondo, pakar berbenah (I know it sounds weird) yang sudah menekuni dunia berbenah bertahun-tahun. Beberes terdengar sepele, tapi ternyata bisa membawa perubahan besar thdp cara kita beraktivitas, yg akan berpengaruh kepada kebahagiaan kita sehari hari. Beberapa bagian akan tidak relevan karena lebih cocok dengan budaya Jepang, tapi secara prinsip sangat applicable untuk kehidupan kita sehari-hari

10. The Life Changing Magic of Not Giving A F*ck, Sarah Knight

Buku dengan subtitel menggelitik: How to stop spending time you don’t have, doing things you don’t want, with people you don’t have. Berisi argumen provokatif sekaligus menampar tentang cara belajar mengatakan tidak, agar kita bisa lebih fokus menghabiskan waktu dan energi kita untuk orang dan hal-hal yang benar-benar kita pedulikan.


Itu dia 10 buku terbaik yang saya baca di tahun 2017.

Ada rekomendasi buku lain? Jawab di reply atau mention saya di twitter/instagram: @iqbalhape.

Selamat tahun baru! Semoga 2018 jadi tahun yang lebih menyenangkan dalam membaca buku!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close