Mulai Berkarya Lagi

Saya mulai nulis di blog tahun 2010. Atau kalau mau dihitung yang lebih amatir, saya mulai tahun 2007.

pexels-photo-210661.jpeg

Saat itu saya masih SMP dan internet baru mulai terkenal. Warnet berjamuran, dan saya jadi salah satu anak yang kalo liburan suka nongkrong di warnet dekat rumah.

Ketika anak-anak lain main game online, saya ga ikutan. Bukan sok-sokan: saya pernah mencoba main game online macam SEAL, Ragnarok, dan Gunbound, tapi tidak menemukan keasikan yang hakiki sebagaimana banyak anak-anak lainnya. Sebagai gantinya, saya lebih banyak baca dan main blog.

Sejak sekolah, saya orang yang terbiasa berbicara dan mengemukakan pendapat saya ke orang-orang di sekitar saya, baik lewat tulisan maupun lisan. Internet dan sosial media membuat saya merasa punya “rumah baru” yang lebih asik untuk melakukan ini.

Tahun 2010, saya masuk UI. Di sini, saya lebih intens dengan internet setiap hari, karena kemanapun saya pergi, saya selalu membawa laptop dan harus terkoneksi ke Wifi (untuk tugas dan kegiatan semasa kuliah). Di titik inilah saya mulai serius menulis di Tumblr: academicus.tumblr.com.

Tumblr ini menjadi rumah untuk saya menuliskan berbagai hal; dari mulai kegalauan cinta ala mahasiswa, kritik buat pemerintah, berbagai keresahan sosial ala anak muda, sampai proses saya membuat karya.

Tumblr membuat saya menemukan rumah tempat mencari inspirasi kreatif dari seluruh dunia. Tumblr mempertemukan saya dengan banyak teman virtual dari seluruh Indonesia; karena Tumblr kami saling berkorespondensi lewat email dan bertemu di dunia nyata.

Di Tumblr inilah akhirnya saya menemukan asiknya berkarya; lahirlah ratusan tulisan dan keresahan, lahirlah Batik Gue (bisnis clothing saya di jaman kuliah), Biologeek (komik ilustrasi biologi), Podcast Subjective (seri audio di iTunes dan Soundcloud), dan buku Bertumbuh (buku kolaborasi saya dengan 4 penulis Tumblr lainnya).

Sudah 7 tahun sejak pertama kali saya menulis di Tumblr. Saya terus bertumbuh bersama karya saya; dari sekadar kumpulan tulisan berisi curhatan, sekarang saya mulai membuat Podcast, bercerita di Youtube, menelurkan buku, dan akan terus bertambah terus jumlahnya. Saya orang yang ketagihan berkarya, dan berprinsip hidup saya harus ada manfaatnya. Buat saya, karya adalah wujud nyata rasa syukur saya untuk berbagi semua pengetahuan dan pengalaman yang saya punya.

Tumblr adalah salah satu sosial media favorit saya sepanjang masa. Saya sering sekali membahas tentang ini, baik di seri tulisan Tumblr Inside maupun di salah satu episode Podcast saya.

Tapi di titik ini, saya merasa Tumblr sudah tidak bisa menampung saya. Ada banyak hal yang ingin saya lakukan, dan ke depannya, saya butuh rumah yang lebih leluasa.

Karenanya, saya memutuskan untuk memindahkan iqbalhariadi.com dari Tumblr ke platform baru yang lebih leluasa. Keputusan ini sudah saya pikirkan setidaknya sejak 2015. Tapi ragu dan rasa takut membuat saya menunda hingga 2018.

Tahun ini, saya berjanji pada diri sendiri untuk mencoba hal baru dan berani mengambil keputusan besar.

Bagaimanapun, meninggalkan Tumblr sebagai rumah utama adalah keputusan besar buat saya.

Memulai website baru berarti mengulang semua hal dari nol lagi.

Tapi saya akhirnya memutuskan, inilah saatnya.

iqbalhariadi.com akan punya rumah baru.

Tumblr akan saya jadikan scratchbook: tempat saya mencorat coret dan membagikan kepingan pemikiran dan proses berkarya saya.

Sementara di sini, saya akan membangun lagi rumah yang lebih leluasa untuk karya-karya saya. Tujuannya satu: agar lebih banyak orang bisa mengambil manfaat dari karya-karya saya.

Terima kasih Tumblr untuk perjalanan berkarya selama tujuh tahun ini.

Kini, saya ingin memulai lagi.

Banyak gagasan yang harus dibangun kembali.

Banyak ide liar yang harus dieksekusi.

k

Saya akan mulai berkarya lagi.

6 tanggapan untuk “Mulai Berkarya Lagi

  1. Yay, kak! Nggak sabar ada karya apa lagi yang bakal diciptakan Ka Iqbal.
    Btw, aku juga sebelumnya nulis di blogger. Pasang domain pun. Tapi di tahun ketiga ini entah aku nggak mau perpanjang lagi. Di blogger aku mulai dari tahun 2011, tapi memang nggak terlalu sering nulis. Alhamdulillaah-nya udah dapet beberapa penghasilan atau menang lomba sih dari sana. Cuma aku ngerasa kayaknya cerita-cerita aku di sana tuh kayak… Yah, entah kurang bermutu, kurang bermanfaat, pokoknya ngerasa udah males aja. Tahun lalu aku mulai nulis di wordpress dengan gaya penulisan yang berbeda. Dan, aku suka! Kayaknya lebih berisi aja gitu. Dari kemarin tuh lagi mikir kayaknya domainnya dipasang di wordpress aja. Cuma orang-orang udah pada tau tentang aku tuh ya di blogger itu. Udah kayak punya identitas lah sesuai nama blognya. Haha.

    Ngeliat keputusan besar Ka Iqbal ini bikin aku jadi berani deh buat ikutan pindah jugaa.

    Suka

    1. Thank you ya! Emang berat sih rasanya mau pindah, apalagi kalo udah betah banget di tempat lama. Tapi selalu balikin goal besarnya apa. Good luck buat rumah barunya juga!

      Suka

  2. ABru awal awal baca tulisan bang iqbal, tau tumblr disaat umurnya sudah mau habis, sempat baca tulisan yang tentang cara belajar, mengulang belajar yang sudah kita ketahui dst bang, dipost ulang lagi masih ada gak ya? Hehehe

    Suka

  3. kak gimana sih biar bisa jadi penulis yang hebat? apa karena masalah waktu juga? Terimakasih kak

    Suka

    1. Caranya gampang kok: terus menulis. Betul, kalo mau dibuat simpel, hanya masalah jam terbang aja, nulis itu kemampuan yang bisa dilatih. Asal konsisten menulis dan berani memulai, nanti lama lama akan ada yang baca karya kita.

      Baca juga tulisan saya yang ini –> https://iqbalhariadi.com/2011/08/24/menulis-lagi/

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close