Tips Melawan Bosan di Kerjaan + Kerja Sambil Traveling

Bosan karena kerja adalah hal yang sangat wajar.

Apalagi kalau melakukan rutinitas yang sama persis, setiap hari. Ga aneh kalo jadi bosan, motivasi ga setinggi dulu, dan akhirnya produktivitas menurun.

Tapi kalo lagi di bawah kayak gini, kerjaan kan ga berubah. Tetap harus selesai. Trus gimana cara  mengatasinya?

1. Ingat Lagi Visi Bekerja

Apa alasan lo saat memutuskan untuk bekerja? Coba ingat lagi visi dan fokus kerja saat lo pertama memulai karir dulu. Apakah untuk mengembangkan diri, mempelajari skill baru, mengembangkan jaringan baru, atau belajar dari mentor yang tepat.

Kalau lo melatih pola pikir untuk terus berpikir positif tentang visi bekerja, maka lo akan lebih mudah untuk konsisten dalam menjaga semangat bergerak maju.

2. Jaga Pertemanan Sehat

Pertemanan juga super penting, karena pola pikir lo akan sangat dipengaruhi oleh teman-teman yang setiap hari ketemu dan berinteraksi. Bergabung dengan orang-orang yang memiliki motivasi kerja dapat membantu lo buat ikut termotivasi.

Hindari mereka yang sering beripikiran negatif tentang hidup, ngeluh mulu soal kerjaan, atau jelek-jelekin atasan. Ga gampang memang. Tapi ya kita sendiri yang harus membentengi diri dari pikiran yang negatif.

3. Cuti Traveling

Cara lain supaya lo bisa balik lagi termotivasi dan bahagia di tempat kerja adalah dengan mengambil cuti untuk traveling.

Tiap orang pasti punya titik jenuh, dan sangat sangat dianjurkan ketika sampai di titik ini, manfaatin aja waktu buat cuti. Cari waktu dan tempat yang pas buat cabut sejenak dari rutinitas kerja, menghirup udara baru, melakukan pengalaman baru di tempat baru.

Kadang-kadang ga perlu ke tempat yang jauh kok. Bisa juga ke tempat yang dekat, misal kalo lo di Jakarta, ke Bogor atau Bandung mungkin udah cukup. Asalkan kegiatannya baru dan bisa ngerefresh pikiran kita sendiri.

Atau lo juga bisa cari kerjaan yang memungkinkan untuk travel sambil wisata.

Nah, untuk opsi terakhir ini, berikut ini adalah 3 lowongan buat lo yang suka traveling:

Blogger

Di jaman internet ini, bikin blog jadi semakin gampang. Mulailah cari tau gimana cara buat blog, rajin update dan promosi agar banyak orang tau tentang blog lo.

Coba dengan membiasakan untuk menulis ulasan produk atau service di blog lo, atau dengan rajin menulis di platform media lain yang memungkinkan lo untuk menulis apapun.

Pelan-pelan juga mulai bangun personal branding, caranya seperti yang gue pernah tulis di post ini.

Kalau lo sudah punya cukup banyak penggemar, kesempatan lo untuk bekeja sebagai blogger akan semakin mudah.

Fotografer

Buat lo yang suka fotografi, hobi ini bisa menjadi sumber penghasilan juga. Sambil wisata, lo bisa menjual foto hasil karya lo di website stok foto atau jadi kontributor buat media tertentu.

Fotografer ataupun videografer ini kerjaan yang makin banyak banget dicari. Sekarang semua butuh konten. Makanya perlu rajin cari koneksi buat ngenalin hasil karya lo. Aktif di forum, rajin-rajin ikut komunitas. Keahlian lo sebagai fotografer bisa menghasilkan bayaran untuk datang dan memotret di berbagai lokasi wisata.

Penulis

Sambil jalan-jalan, sambil menulis. Lo bisa mengirimkan tulisan ke majalah, koran, dan website yang membuka kesempatan menjadi kontributor atau penulis lepas.

Saat ini kesempatan untuk menulis dan mengirimkan kontribusimu semakin banyak dan gampang dengan terus melesatnya kehadiran media-media baru di Indonesia. Artinya, semakin terbuka pula kesempatan lo buat kerja sambil wisata.


Semoga info diatas bisa membantu lo lebih bahagia dan semangat kerja!

Source: https://id.jora.com

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

One thought on “Tips Melawan Bosan di Kerjaan + Kerja Sambil Traveling”

  1. Wah iya bener banget nih. Setuju. Sekarang bikin portofolio di internet udah gampang. Asal konsinten aja, insha Allah rezeki mudah.

    Apalagi platform blogging udah makin banyak dan canggih, bisa ngeblog lewat smartphone. Modalnya cuma email sama internet. Sayang banget kalau nggak dimanfaatin.

    Lebih sayang lagi yang pake social media cuma buat nyinyir atau nebar kebencian. Ini sih yang menjamur dari dulu dan susah ilang. Harus dibasmi oleh content creator dengan bikin karya yang ajib-ajib biar netizen tau, selain banyak tukang nyinyir, di internet ini ada banyak anak berbakat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.