Banjir Inspirasi di Youtube Creators For Change Jakarta 2018

Kamis (5/7) kemarin, saya ikutan acara Youtube Creators For Change.

Creators for Change (CFC) ini adalah inisiatif Youtube untuk mendukung content creator menciptakan konten yang meningkatkan toleransi dan empati. Simpelnya, inisiatif ini ada untuk membuat lebih banyak konten-konten positif di Youtube.

Screen Shot 2018-07-20 at 7.26.02 AM
https://www.youtube.com/yt/creators-for-change/

Ada beberapa Youtuber Indonesia yang sudah menjadi ambassador inisiatif ini di tahun sebelumnya, diantaranya Gita Savitri, Cameo Project, Muslim Film Maker, dan Duo Harbatah.

7

2018 ini, Youtube CFC memperlebar cakupan insiatifnya. Kalau sebelumnya hanya mensupport beberapa Youtuber terkenal sebagai ambassador program, tahun ini Youtube juga membuka Youtube CFC Fellow. Siapapun bisa mendaftar dan diseleksi menjadi 26 kreator yang akan mengikuti workshop full selama satu hari di Jakarta.

Saya mendaftarkan channel Youtube Kitabisa.com dan terpilih sebagai salah satu peserta workshop Youtube Creator for Change Fellow 2018.

13

Saya datang berdua bersama Indra (@iininside). Kitabisa.com sendiri sejak lama sudah aktif di Youtube, dan kami selalu berusaha konsisten membuat berbagai video yang bisa menyuarakan Orang Baik Harus Berisik.

Youtube Creators for Change Indonesia
Bareng @inimasabi dan @okijodi, peserta Youtube CFC Fellow

Inspiring Talks & Creative Brainstorming

Berlokasi di Komunitas Salihara, selama seharian kami disuguhi berbagai talk yang menginspirasi dan sesi brainstorming kreatif. Semua berfokus membahas bagaimana kita bisa membuat konten video di Youtube yang bisa menginspirasi dan menginisiasi perubahan sosial.

19
Gita Savitri dan Martin Anugerah (Cameo Project) menjadi host MC seharian

Dipandu Gita Savitri dan Koh Martin sebagai MC, Youtube menyajikan diskusi ringan nan berbobot sepanjang hari. Salah satu sesi favorit saya saat Hannah Alrashid, aktor yang juga aktivis feminisme, bercerita pengalamannya aktif menyuarakan gender equality di sosial media.

5

Sesi diskusi lainnya membuka pembicaraan tentang berbagai masalah yang dihadapi di internet di Indonesia, seperti hate speech, perpecahan karena pilihan politik, dan konten negatif di internet.

9

Disusul dengan sharing dari BENI (Youtuber asal London) dan para ambassador Youtube CFC di tahun-tahun sebelumnya.

Talks dari para pembicara keren ini ternyata “hanya” bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan kami tentang isu yang akan dibicarakan. Sisanya, kami para peserta lebih banyak berdiskusi dalam kelompok-kelompok kecil dan brainstorming kreatif untuk menuangkan gagasan kami dalam bentuk sketsa video.

Hate Speech, Extrimism, & Hoax

Dalam workshop ini, kami ditantang untuk menjawab tiga isu yang menjadi fokus bahasan Youtube Creator for Change:

  1. Bagaimana mengurangi ujaran kebencian?
  2. Bagaimana menanggulang paham ekstremisme yang bermula dari internet dan sosial media?
  3. Bagaimana melawan berita hoax beredar di publik melalui internet?

1

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami content creator tidak sendiri, tapi didampingi oleh berbagai NGO yang juga diundang sebagai peserta. Mereka berasal dari NGO yang memiliki fokus kerja pada salah satu dari tiga isu di atas. Beberapa diantaranya The Habibie Center, Wahid Foundation, Maarif Institute, Sabang Merauke, dan Sabang Merauke.

4

Teman-teman NGO sangat membantu dalam memberikan pandangan tentang kondisi masalah-masalah tersebut di lapangan. Dalam sesi-sesi brainstorming, mereka menceritakan pengalaman mereka selama ini dalam menanggulangi ujaran kebencian, ekstremisme, dan hoax.

Saya sendiri dalam dua sesi mendapatkan kesempatan untuk brainstorming membuat video tentang isu hate speech dan ekstremisme.

3

11

I felt so recharged all day long!

16

15

Selama seharian rasanya asik banget bisa brainstorming ide-ide seru dengan teman-teman baru. Di akhir salah satu brainstorming, saya kebagian kesempatan untuk mewakili grup kecil kami bercerita tentang ide kami.

17

I am super thankful to Youtube for creating this awesome event!

Capek seharian menyerap inspirasi dan diskusi, dan membawa pulang PR besar untuk terus membuat konten positif yang bisa membawa perubahan.

Sebuah misi yang sejalan dengan misi saya pribadi dan Kitabisa.com yang tidak pernah berubah sejak dulu: Orang Baik Harus Berisik!

10
Tagline yang saya tulis besar-besar di tengah!

Terima kasih banyak Youtube dan teman-teman kreator!

Sampai ketemu lagi di event berikutnya!

14

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.