Wajib Nonton: 7 Commencement Speech Untuk Yang Akan/Sudah Wisuda

Dunia pasca kampus adalah dunia yang menyenangkan sekaligus menakutkan. Dunia yang dipenuhi jutaan harapan sekaligus ketidakpastian. Dunia yang bukan cuma soal kerjaan, tapi juga semua hal tentang kehidupan.

Karenanya, mempersiapkan pasca kampus seperti menghadapi kehidupan. Dan diantara hal penting yang saya syukuri dulu pernah saya lakukan, adalah menonton banyak commencement speech dari tokoh-tokoh inspiratif di Youtube.

accomplishment-celebrate-ceremony-267885

Sebenarnya saya tidak tahu padanan bahasa Indonesia untuk istilah commencement speech. Pada intinya, istilah ini merujuk pada pidato yang disampaikan di acara wisuda kampus. Umumnya sudah jadi budaya yang dilakukan di kampus-kampus besar dunia, dan seringkali diisi oleh alumni atau tokoh keren yang bisa menginspirasi para wisudawan.

Di dua semester akhir kuliah, saya yang setiap hari pasti ngewarnet di perpustakaan kampus menemukan video commencemet speech ketika sedang browsing sana sini tentang Steve Jobs. Dari sana, saya melompat dari satu video commencement speech ke speech lain dan mendapatkan banyak inspirasi dan insight penting untuk menghadapi pasca kampus.

Jika ada hadiah penting yang perlu diberikan, maka video-video ini akan jadi hadiah yang sangat berharga untuk siapapun yang akan wisuda.

Steve Jobs: Stay Hungry, Stay Foolish

Ini buat saya adalah commencement speech terbaik yang harus ditonton siapapun. Disampaikan Steve Jobs di usia 50 tahun, mencakup pilar terpenting dalam kehidupan yang harus diketahui oleh anak muda yang baru diwisuda.

Speech ini masih dan akan terus jadi pidato terpenting dan terfavorit yang pernah saya dengar.

Denzel Washington: Fall Forward

Di nomor dua, saya menempatkan speech aktor Denzel Washington. Di pidato ini, Denzel bercerita banyak tentang kegagalan. Dan prinsip penting tentang kegagalan: jika kita memang harus jatuh – dan akan selalu jatuh – jatuhlah ke depan. Fall forward.

Jim Carrey

Dalam pidatonya yang penuh dengan joke, komedian Jim Carrey memberikan wejangan agar kita tidak membiarkan hidup kita diarahkan oleh ketakutan. This is also an entertaining yet inspiring speech.

Oprah Winfrey

Dalam pidatonya di Harvard, Oprah Winfrey bercerita banyak tentang kegagalan. Saya ingat sekali menonton video ini ketika sedang galau akan melakukan apa setelah lulus kuliah. Dan di video ini saya menemukan line yang menjadi salah satu prinsip terpenting yang selalu saya pegang: Failure is just life trying to move us in a different direction.

J.K. Rowling

J.K. Rowling, penulis novel mega best seller Harry Potter, bercerita banyak tentang perjalanan hidupnya. Dia menekankan bagaimana kegagalan dalam hidupnya membuat dia bangkit, dan bagaimana imajinasi menuntunnya menuju kehidupan yang dia inginkan.

Bill Gates

Bill Gates, legenda Harvard, kembali ke kampusnya dan berbagi cerita tentang banyak hal. Dia menekankan pentingnya mengenal dunia yang lebih luas dan berbagi pada sesama.

Mark Zuckerberg

Menarik menonton video dimana orang yang pernah kuliah tapi tidak lulus akhirnya memberikan pidato di depan juniornya yang wisuda. Di video ini, Mark memulai pidato dengan bernostalgia tentang momen-momen sebagai mahasiswa Harvard, dan melanjutkannya dengan pelajaran penting yang dia dapatkan selama menjalankan Facebook, salah satu perusahaan terbesar di dunia.


Ada banyak lagi commencement speech yang lo bisa temukan di Youtube. Tujuh video ini diantara video yang sangat menginspirasi saya sewaktu akan lulus kuliah tiga tahun yang lalu.

Do me a favor. Komentar di bawah commencement speech lain yang bisa menginspirasi untuk yang akan wisuda dan share artikel ini ke teman-teman lo yang akan atau sudah wisuda.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.