Strategi Mengatur Waktu Dari Buku Make Time

Kita sering merasa tidak punya kontrol terhadap waktu.

Pagi mulai kerja, lalu tenggelam dalam kerjaan dan to-do-list yang banyak, lalu tiba-tiba ketika lihat jam,

“Loh kok udah magrib aja ya?”

Kita merasa tidak punya ingatan terhadap apa yang dilakukan seharian tadi. Rasanya seperti hangover, tidak sadar melakukan apa-apa dan ketika bangun baru ngeh, loh ini gue abis ngapain ya.

Fenomena ini sudah lama saya rasakan. Dan sudah lama juga saya coba cari solusinya.

Saya mencari jawabannya dengan mencari berbagai taktik produktivitas. Saya baca artikel, baca berbagai buku, menonton tips di Youtube, mendengarkan berbagai podcast. Dan tentu saja mencoba taktik-taktik tersebut.

Belum ada yang benar-benar menjawab keresahan saya.

Sampai saya bertemu dengan buku Make Time, yang ditulis duo John Knapp dan John Zeratsky. Judul lengkapnya, Make Time: How to Focus on What Matters Everyday.

3D+book

Buku ini bagus banget. Buku yang menjawab keresahan di atas dengan prinsip simpel: untuk produktif dan bahagia, kita perlu memiliki kesadaran terhadap waktu dan apa yang kita lakukan setiap hari.

Karena seringnya, kita tidak sadar dengan apa yang kita lakukan. Semua hal seperti sudah rutinitas dan menjadi default. Kalo pagi buka laptop, balas email, bikin laporan, makan siang, meeting, pulang, begitu terus setiap hari, serta diulang lagi dan lagi.

Akhirnya kita jadi tidak sadar dengan apa yang kita lakukan, dan timbullah perasaan bingung ketika sudah sadar, “lah seharian ini gue ngapain ya?”

Yang ditawarkan di buku Make Time adalah supaya kita sadar dengan keseharian kita. Sesimpel itu. Yang kalau dibuat ringkasannya, ada empat hal penting yang harus kita lakukan:

download (1)

Highlight: Mulai setiap hari dengan menentukan satu fokus.

Tanyakan diri sendiri, “Apa yang saya inginkan menjadi fokus saya hari ini?”. Atau bentuk lain pertanyaannya, “Jika ada satu hal yang ingin lo ingat tentang hari ini, apakah itu?”. Dengan menjawab pertanyaan tadi di awal hari, kita bisa memastikan untuk menghabiskan waktu buat hal yang paling penting, dan tidak tenggelam dalam aktivitas yang menjadi prioritas orang lain.

Laser: Hilangkan distraksi untuk mengerjakan Highlight.

Distraksi seperti email, instagram, dan Youtube ada di mana-mana. Kita perlu mempelajari cara mengatur smartphone dan laptop kita supaya kita bisa bekerja dalam Laser Focus mode.

Energize: Gunakan tubuh kita untuk mengatur otak.

Kita perlu mengatur makanan/minuman dan cara kita bergerak untuk memastikan kita bisa memiliki energi yang cukup selama waktu bekerja. Dengan beberapa perubahan simpel, kita bisa mereset badan kita untuk memiliki energi yang cukup sepanjang hari.

Reflect: Atur dan kembangkan sistem kita sendiri.

Terakhir, sebelum pergi tidur, buat beberapa catatan. Evaluasi bagaimana hari ini berjalan, dan catat apa yang perlu dilanjutkan + apa yang perlu diubah.

Seiring waktu, kita akan bisa mendesain sistem harian sendiri yang disesuaikan dengan kebiasaan, rutinitas, otak, badan, prioritas, dan goal yang ingin kita capai.

Make Time juga menuliskan banyak taktik yang bisa kita coba untuk memaksimalkan pengaturan waktu kita. Jadi tidak hanya diisi teori dengan ilustrasi yang menarik, buku ini juga dipenuhi berbagai tips praktis yang langsung bisa dipraktikkan.

Buku ini sekarang jadi pedoman saya untuk mencari work-life balance. Dan setelah selesai membacanya kemarin, saya coba merangkumnya di salah satu episode Podcast Subjective.

Lo juga bisa baca lebih lanjut tentang bukunya di maketimebook.com.

Selamat belajar mengatur waktu!

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.