Dari Campaigner Menjadi Entertainer

Dari dulu, gue suka mempelajari diri sendiri. Salah satunya dengan mengikuti Personality Test semacam MBTI atau 16Personalities. Buat yang belum pernah coba, salah satunya bisa cek webnya 16personalities.com. Tesnya simpel dan hasilnya seru.

Yang menarik adalah, gue mengalami perubahan personaliti dalam 2 tahun terakhir.

2 tahun lalu hasil saya ENFP. Titlenya adalah Campaigner, orang yang bisa mengubah dunia dengan sebuah ide. Karakteristik orang yang masuk kategori ini secara umum adalah mereka yang imajinatif, terobsesi dengan ide besar, dan komunikator yang baik.

Lalu 2 tahun berjalan, saya berubah jadi ESFP.

Titlenya adalah Entertainer (well, not surpirsing to me). Seperti namanya, Entertainer adalah mereka yang suka berada di spotlight, suka tampil, dan selalu ingin menawarkan sesuatu buat orang lain.

Waktu tes ulang dan membaca perubahan ini, gue terkejut sekaligus biasa aja. Terkejut karena ternyata personaliti gue bisa berubah, tapi biasa saja karena setelah dipikir-pikir, memang terasa sih perubahannya. Bahkan belakangan gue baru ngeh lagi, gue sendiri yang secara sadar mengubahnya.

Perubahan paling besar adalah gue berubah dari orang yang intuitif menjadi observant. Dari yang eksploratif terhadap surprise moment jadi control freak. Dari yang siap menghadapi chaos, jadi seseorang yang lebih suka sistem & struktur. Dari yang tadinya terobsesi pada gagasan besar, jadi orang yang terobsesi pada hal yang practical.

Yang memengaruhi perubahan ini lumayan banyak, dari perubahan peran di pekerjaan, daftar bacaan, sampai perubahan status menjadi seorang suami. Bahkan istri saya @chantikmfa juga berubah personalitinya.

Menarik melihat dinamika diri sendiri yang berubah jadi orang baru, dan mengevaluasi apa yang perlu diteruskan, apa yang harus dimulai, dan apa yang harus dibuang.

Gimana dengan lo?

Coba tes di 16personalities dan share hasil lo, kita diskusi di bawah.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.