10 Buku Terbaik Yang Saya Baca di 2018

2018 ini jadi tahun yang menyenangkan buat membaca buku.

Saya membaca banyak buku keren yang memperluas wawasan dan membantu saya mengembangkan diri.

Tahun ini, membaca buku tak hanya penting agar saya bisa tetap keep up dalam bekerja dan berkarya, tapi juga sebagai terapi waktu untuk diri sendiri.

Ini dia 10 buku terbaik yang saya baca di tahun 2018.

Alibaba: The House That Jack Ma Built
Duncan Clark

Biografi selalu jadi kategori buku yang harus saya baca setiap tahunnya. Dan tahun ini, biografi terfavorit saya jatuh pada cerita Jack Ma.

Buat saya yang referensi kiblat startupnya sangat Sillicon Valley, buku ini sangat membuka mata tentang hebatnya perkembangan bisnis digital di China. Biografi ini berfokus pada perjalanan panjang Jack Ma dari kecil, menjadi guru, memulai bisnis pertamanya, hingga membangun salah satu kerajaan bisnis terbesar di dunia bernama Alibaba.

Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life.
Hector Garcia & Francesc Miralles

Buku yang habis saya baca dalam 2 hari karena topik yang menarik dengan pembahasan yang ringan.

Mungkin banyak yang sudah familiar dengan istilah Ikigai, yang sering dibahas sebagai bentuk yang lebih ideal dari passion. Tak heran jika awalnya saya berekspektasi buku ini akan membahas banyak hal tentang menemukan passion.

Menariknya, buku yang ditulis berdasarkan riset di Okinawa, Jepang ini justru membahas banyak hal di luar itu. Terutama tentang hal dan kebiasaan yang dilakukan orang Jepang sehingga mereka bisa berumur panjang. Hal-hal kecil yang memperkuat hidup mereka sehingga mereka selalu merasa memiliki misi hidup dan tujuan setiap hari.

Sangat recommended untuk siapapun yang ingin menjalani hidup dengan lebih sadar pada hari ini dan masa depan.

Hellomotion Couple Goals.
Wahyu Aditya & Arie Octaviani.

Ini buku yang manis, lucu, sekaligus kreatif.

Di buku ini, mas Wadit dan istrinya, mba Arie berkolaborasi dalam menceritakan perjalanan mereka sebagai pasangan, sekaligus co-founder Hellomotion Academy, bisnis yang berfokus di bidang pendidikan animasi.

Buku ini ga cuma cerita tentang perjalanan mereka membangun bisnis, tapi juga gimana dua orang yang berbeda karakter bisa membangun mimpi dengan dasar cinta dan mimpi yang sama.

Blitzscaling: The Lightning-Fast Path to Building Massively Valuable Companies
Reid Hoffman & Chris Yeh.

Saya tahu buku ini dari salah satu podcast favorit saya, Masters of Scale. Reid Hoffman, sang host podcast, adalah salah satu master startup paling dihormati di dunia. Dia co-founder Linkedin, Paypal, dan investor di banyak startup besar seperti Facebook dan Airbnb.

Buku ini membahas cara startup menjalankan strategi Blitzscaling: menumbuhkan bisnis secara cepat di tengah situasi yang tidak pasti. Buat siapapun yang bekerja di dunia startup, terutama yang sedang dalam fase super-growth, buku ini sangat relevan dalam menjawab perubahan business model, strategi, dan culture di dalam perusahaan.

The Decision Book: Fifty Model for Strategic Thinking.
Mikael Krogerus & Roman Tschappeler

Buku saku yang sangat direkomendasikan, terutama untuk mereka yang bekerja di bidang business development dan consultancy.

Buat saya, buku ini semacam buku matematika yang mempertajam logika berpikir, dan mengasah cara saya menerjemahkan narasi+data ke dalam bentuk visual seperti grafis dan diagram.

Problem Solving 101.
Ken Watanabe.

Buku yang masuk kategori book I wish I read when I was in high school.

Ditulis ex konsultan McKinsey yang mengabdikan diri untuk memasukkan problem solving dalam kurikulum sekolah Jepang, buku ini sangat direkomendasikan untuk siapapun agar mengasah kembali problem solving mindset.

Saya pernah review dalam sebuah thread di Twitter.

Make Time: How to Focus on What Matters Every Day.
Jake Knapp & John Zeratsky.

Jika diminta memilih buku terbaik 2018 versi saya, kemungkinan besar saya akan memilih buku ini. Duo penulis buku ini, Jake & John, adalah engineer di Google.

Mereka memiliki masalah yang sama dengan kebanyakan kita: kerja setiap hari, tapi ga sadar waktu. Pengin mengerjakan ini itu, tapi kerjaan belum selesai sementara mau main, pulang, dan nongkrong dengan teman.

Buku ini memberikan metode belajar mengatur waktu yang praktis dan sangat bisa diterapkan. Sangat direkomendasikan untuk siapapun.

Isi buku ini juga pernah saya bahas di Podcast dan blog ini.

The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google.
Scott Galloway.

Buku yang menguliti empat perusahaan paling berpengaruh di dunia: Amazon, Apple, Facebook, dan Google.

Penulis buku ini, Scott Galloway, adalah seorang profesor yang nyentrik dan menulis dengan bahasa yang agak nyleneh dari sekadar bahasan bisnis. Buku yang disajikan dengan data-data ini akan mengubah sudut pandang lo tentang keempat perusahaan ini.

Radical Candor.
Scott Kim.

Buku yang pertama saya tahu dari Crystal Widjaja, VP Gojek yang merekomendasikan buku ini di Techinasia.

Membahas tentang membangun budaya yang transparan, jujur, dan terbuka memberi feedback dalam sebuah perusahaan. Sebuah bahasan yang sangat relevan untuk saya yang dipimpin dan memimpin tim di perusahaan yang terus berkembang.

Crushing It.
Gary Vaynerchuk.

Buat yang belum familiar, Gary Vee adalah salah satu content creator global yang paling terkenal di kategori bisnis. Saya mengikuti kontennya sejak 2017, hingga akhirnya saya membeli buku ini di Google Books karena waktu itu lagi diskon 80%, yeay!

Buku ini cukup komprehensif untuk siapapun yang ingin bisa hidup dari membuat konten digital, mulai dari blog, Youtube, hingga Podcast. Di tiap babnya, Gary membagikan tips praktis untuk membuat konten di berbagai platform dan case study dari pebisnis/content creator yang sudah sukses sebelumnya.


Itu dia 10 buku terbaik yang saya baca di tahun 2018.

Ada rekomendasi buku lain? Jawab di reply atau mention saya di twitter/instagram: @iqbalhape.

Selamat tahun baru! Ohya, 2019 ini saya akan memulai konten buku di Youtube saya. Namanya #BedahBuku. Supaya ga ketinggalan, subscribe dulu Youtube saya di sini.

Semoga 2019 jadi tahun yang lebih menyenangkan dalam membaca buku!

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

4 tanggapan untuk “10 Buku Terbaik Yang Saya Baca di 2018”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.