Lanjut Main Game Lagi

Saya ga nyangka saya bisa juga kecanduan game.

Kayaknya sudah dua mingguan. Tiap hari pasti main, rata-rata kalo ditotal mungkin satu jam per harinya.

Yang terakhir ini saya lagi kecanduan Archero. Ada yang main juga ga? Kayaknya sih engga ya, asumsi saya sih ga populer, meski kalo di Google Play sih 10 juta+ download.

Nah yang menarik, user journey saya sebagai pemain game ini berawal dari game sebelumnya yang diproduksi studio berbeda. Di game sebelumnya, tiap level diselingi iklan game-game lainnya. Karena penasaran juga cara marketing mereka, tiap iklan saya klik dan pelajari.

Ternyata 70% iklannya mempromosikan game dari studio yang sama, 30% sisanya baru mempromosikan game dari studio lain alias free market. Kalo yang 30% itu asumsi saya otomatis settingan dari Google Playnya.

Dari 30% itulah saya sampai ke game Archero. Di sinilah saya baru sadar lagi betapa besarnya industri mobile game. Terutama karena sejauh ini saya sudah menghabiskan 100.000 untuk beli nyawa dan energi di game yang saya mainkan. Haha sialan memang.

Bisa dibayangkan dari 10 Juta download, taruhlah 1 juta nya pemain aktif. Dari 1 juta pemain aktif, 100.000 nya purchase items sejumlah Rp 100.000. Dari hitungan simpel ini saja, pendapatan mereka sudah 10 Milyar rupiah.

Ini bahkan untuk game yang tidak terkenal, saya bisa membayangkan transaksi yang terjadi di game populer seperti Fortnite atau PUBG.

Saya rasa hal terbaik dari industri game yang membuat mereka besar adalah karena siklus habitnya sudah jadi formula yang bisa direplikasi ke mana-mana, apapun gamenya.

Kalau kamu baca bukunya Nir Eyal yang berjudul Hooked, game yang sukses selalu berhasil membuat siklus Trigger, Action, Reward, dan Investment dengan mulus. Hasilnya, pemain akan kecanduan dan selalu kembali bermain lagi.

Nanti kapan-kapan kita bahas detil soal teori ini.

Tapi mumpung seminggu ke depan saya lagi cuti, saya mau lanjut main game lagi.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

One thought on “Lanjut Main Game Lagi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.