Ambil Peluangnya

Tidak diragukan lagi. Saat ini, adalah waktu terbaik untuk hidup.

The best era to live.

Hidup di jaman sekarang, enak banget. Segala hal terkoneksi. Apapun mudah ditemukan. Semua orang terhubung.

Sungguh merugi sekali kalau hidup di jaman ini, tapi ga berbuat apa-apa.

Karena apa lagi alasannya?

Dulu mungkin sulit belajar sesuatu. Harus ikut kursus, harus bayar. Lokasinya pun mungkin jauh dari rumah. Butuh usaha ekstra untuk sekadar belajar hal baru.

Sekarang, kursus dan kelas online bertebaran. Ga perlu keluar rumah. Cukup di kamar dan koneksi internet yang ga seberapa dengan harga ilmunya. Kalaupun berbayar, harganya pun sangat murah. Bimbel untuk anak SMA misalnya; bimbel konvensional butuh biaya sekitar 14 juta, sementara di Ruangguru kurang dari 1 juta sudah dapat semua. Btw saya tahu ini karena iklan Ruangguru bertebaran mulu di TV.

Dulu mungkin sulit mau reach out idola. Ketemu artis ibukota, ngobrol sama penulis favorit, atau bercengkrama sama pengusaha idola, mungkin harus ikut seminar atau konser yang berbayar ratusan ribu hingga berjuta-juta. Sekarang, untuk dapat pengalaman yang sama ga harus ketemu. Sesimpel follow instagram mereka kita sudah bisa dapat inspirasi yang sama. Bisa terkoneksi dan saling terhubung lewat DM pula.

Dulu mau berbisnis perlu modal gila. Harus sewa tempat, sewa alat, bayar karyawan. Sekarang, modal smartphone yang bisa foto dan download aplikasi saja sudah bisa jualan. Punya toko, punya penghasilan, bahkan bisa kirim barang tanpa punya barang. Dropship namanya.

Dulu punya rumah makan di pelosok kalo sepi yaudah sepi aja. Sekarang ada Go-Food, bisa dapat orderan meski jauh. Dulu pengangguran yasudah pengangguran, sekarang banyak pilihan asal ga gengsian. Minimal jadi ojek online.

Intinya sih, internet ini membuka peluang sebanyak itu. Dari yang kecil hingga yang besar. Tinggal kitanya berani melompat atau tidak. Semua bisa dipelajari sambil jalan, asal tau caranya.

Ini waktu terbaik untuk hidup.

Tidak ada lagi alasan.

Beranikan diri.

Ambil peluangnya.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.