Semesta Adisatria Indonesia

Sebagai fans berat Marvel, saya kegirangan menyambut kedatangan Bumilangit Cinematic Universe.

Gokil sih Indonesia akan punya seri superhero buatan karya sendiri, atau yang dalam bahasa Bumilangit: Adisatria. Dan apalagi, universe nya hero Bumilangit ini semuanya punya cerita yang berakar ke budaya atau konteks Indonesia.

Waktu dulu masih berjaya, saya sebenarnya ga terlalu mengikuti karakter-karakter Bumilangit lewat komik. Hanya dua nama yang familiar buat saya: Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu.

Saya kenal Gundala karena dia satu-satunya hero yang pernah menghiasi kamar saya. Saya ingat waktu itu dapat stiker Gundala yang cukup besar dari sebuah majalah yang saya lupa apa, pokoknya majalah anak ke remaja pada jamannya. Mungkin Fantasi atau XY Kids.

Majalah edisi itu membahas Gundala, dan ada beberapa potongan komiknya di sana. Bonusnya stiker besar sosok Gundala bertuliskan Gundala si Putra Petir yang saya tempelkan di lemari. Tiap malam menjelang tidur, wajah saya pasti menghadap Gundala si Putra Petir.

Sedang Si Buta dari Gua Hantu saya kenali dari sinetron yang dulu tayang di RCTI. Jujur saya ga terlalu ingat cerita detilnya gimana, hanya ingat bahwa si buta dari gua hantu ya seorang buta yang berasal dari gua hantu yang ditemani seekor lutung, haha. Dan kerjanya membasmi preman-preman jaman dulu yang masih pake baju pendekar, suka mabuk, dan mengganggu wanita desa, haha. Ingatan macam apa ini.

Baru saya baca lagi belakangan, ternyata Si Buta dari Gua Hantu secara cerita adalah seeorang pendekar yang berasal dari Banten. Sangat dekat dengan budaya karena memang banyak jawara silat dengan keahlian bertarung tangan kosong dari Banten.

Pun begitu juga dengan karakter Bumilangit yang lain, diharapkan bisa jadi pintu masuk untuk banyak orang mengenal budaya kita lebih dalam.

Bisa jadi misalnya, karakter Aquanus yang merupakan superhero berkekuatan air, diceritakan berakar pada suku Bajo, yang disebut Kompas sebagai manusia pertama yang beradaptasi secara genetik untuk menyelam.

Seperti pitch yang ditulis @shanibudi di Twitter.

Belum lagi semua karakter Jawara, pasti membawa cerita budaya.

Excited for this Indonesia’s heroes universe.

Atau dalam bahasa Indonesia,

Semesta Adisatria Indonesia.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

2 tanggapan untuk “Semesta Adisatria Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.