Kita Mulai Lagi

Kapan terakhir kali memikirkan hidup secara mindful?

Kalo lo tanya gue, gue ga tau. Lebih tepatnya mungkin ga ingat. Gue ga ingat kapan gue terakhir kali mikirin hidup secara mindful.

Btw, mindful tuh padanan bahasa Indonesianya apa sih? Seksama? Mendalam? Khusyuk?

Eniwei. See? That’s how my brain works. Tiba-tiba aaja gitu lompat ke bahasan lain.

Iya, gue ga inget kapan terakhir benar-benar mikirin hidup dengan dalam. Kalau berusaha mengingat, kayaknya keputusan hidup di tiga tahun terakhir hampir semuanya adalah keputusan yang datang karena keadaan. Penyesuaian. Impromptu.

Apalagi momen hidup yang terjadi datang bertubi-tubi, seperti ga ada jeda. Kerjaan, keluarga, semua berjalan mengikuti arus, bereaksi ketika ada kondisi.

Seminggu terakhir, beberapa obrolan membuat gue jadi berpikir, inikah saatnya gue serius memikirkan ulang tentang hidup? Meneliti lagi apa yang ingin gue capai, ke mana visi hidup mau gue bawa, manfaat besar apa yang mau gue ciptakan.

Rethinking my whole life.

Apalagi sekarang gue udah jadi ayah, jadi kepala keluarga. November ini, gue genap berumur dua puluh tujuh. Katanya di usia ini orang menemukan spiritual enlightenment. Bukan hanya dalam konteks religi, tapi juga dalam konteks menemukan makna.

Yang paling bikin gue takut adalah; gue takut coba hal baru. Gue bisa jadi terlalu lama berusaha tidak memikirkan mencoba hal baru. Gue mungkin terlalu lama berada di zona nyaman, ga lagi mencoba hal untuk belajar.

Yang paling bikin gue stress; gue gatau pasti apakah ini beneran atau cuma ilusi. Apakah memang benar keadaan atau cuma letupan-letupan di pikiran.

Itulah kenapa gue merasa perlu mulai memikirkan ulang semuanya secara mindful. Karena gue mau memastikan pikiran ini benar adanya, dan mau memastikan apa yang jadi alasannya.

Mungkin sulit untuk cari waktu spesial untuk memikirkan. Mungkin memang harus gue jalani aja pelan-pelan.

Okay, then.

Perjalanan menggali diri sendiri, kita mulai lagi.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.