Daftar Contekan Kalimat Ide Untuk Bantu Menulis Jurnal

Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan gue di instagram soal menulis jurnal.

Kalo lo belum baca, silakan baca postingan ini.

Dan ini.

Di postingan terakhir, gue share salah satu tips menulis jurnal dengan punya Journal Prompt atau yang gue sebut Contekan Kalimat Ide.

Gunakan daftar Contekan Kalimat Ide berikut dengan memilih salah satu kalimat sebagai pemicu bahan menulis.

Berikut gue tuliskan daftar Contekan Kalimat Ide yang gue terjemahkan dari artikel ini + gue tambahkan beberapa ide kalimat dari gue sendiri.

Tulis Tentang Masa Lalu

  • Tulis surat buat diri lo di masa lalu (bisa lebih spesifik, misal: tulis surat buat diri lo waktu masih SD)
  • Tulis tentang masa kecil lo
  • Tulis tentang kehilangan persahabatan
  • Tulis tentang masa sekolah lo, dan apa yang lo harap lo akan lakukan berbeda di masa sekolah
  • Tulis tentang satu titik balik dalam hidup lo – apa yang akan berbeda sekarang kalo di titik itu lo ambil keputusan yang berbeda
  • Tulis tentang penyesalan yang lo punya

Tulis Tentang Diri Lo Sendiri

  • Apa yang bikin lo takut?
  • Apa yang bikin lo happy?
  • Apa yang bikin lo sedih?
  • Apa yang lo khawatirkan?
  • Apa masalah yang lagi pengen banget lo selesaikan saat ini?
  • Tulis surat buat orang yang bikin lo marah, tapi lo ga berani ngomong langsung sama dia
  • Tulis hal-hal yang lo harap bisa lo katakan langsung ke orang tua lo tapi belum lo katakan.
  • Tulis hal-hal yang ingin lo sampaikan ke orang tercinta yang udah meninggal
  • Tulis rahasia terdalam yang ga bisa lo ceritakan sama siapapun.

Tulis Tentang Masa Depan

  • Lo ingin tinggal dimana dalam 5, 10, 15 tahun?
  • Apa kerjaan yang ingin lo lakukan di masa depan?
  • Kalo duit bukan masalah buat lo, apa kerjaan yang ingin lo lakukan? Kenapa?
  • Tulis apa hal penting yang bisa lo lakukan yang bisa bikin hidup lo lebih baik
  • Tulis surat buat anak lo di masa depan, yang akan lo kasih ketika mereka udah dewasa. Surat ini bakal kasih mereka gambaran lo orangnya seperti apa ketika seumuran mereka.
  • Tulis tentang tempat-tempat yang ingin banget lo datangi saat liburan, dan kenapa.
  • Tulis tentang rumah impian lo di masa depan.
  • Tulis bucket list.

Tulis Tentang Saat Ini

  • Tulis surat buat teman atau keluarga lo yang ga bisa lo sampaikan secara langsung.
  • Tulis surat buat bos atau temen kerja lo yang ga bisa lo sampaikan secara langsung.
  • Tulis tentang teman/teman kerja/keluarga lo, deskripsiin mereka kayak gimana, apa yang lo suka.
  • Tulis hal-hal yang lo syukuri hari ini.
  • Tulis tentang aktivitas yang lo sudah/akan kerjakan hari ini.

Kalo lo punya ide Contekan Kalimat Ide lain, silakan tulis di komentar ya.

List di atas akan terus gue perbarui.

Semoga bermanfaat!

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Satu komentar pada “Daftar Contekan Kalimat Ide Untuk Bantu Menulis Jurnal”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.