Bersiap Untuk Traveling Lagi

Maret kemarin, harusnya saya ada trip ke Tangkahan.

Perjalanan yang sudah saya bayangkan berbulan-bulan. Buat yang belum tahu, Tangkahan ini tujuan ekowisata di Sumatera Utara. Masih sekitar 2-3 jam perjalanan lagi dari pusat kota Medan.

Buat yang belum terbayang juga, Tangkahan ini yang jadi latar video klipnya lagu Adu Rayu.

Kalo belum nonton, coba liat dulu biar tau kenapa saya nunggu banget bisa ke Tangkahan

Nah tau kan? Iya. Yang itu.

Saya sudah menunggu perjalanan ini karena sudah lama sekali saya tidak bermain ke gunung dan hutan. Sebagai anak yang (dulunya) rajin main ke alam, menghirup udara segar dan tenangnya melihat kehijauan sudah berbulan-bulan jadi idaman.

Tapi tentu seperti yang banyak dari kita rasakan, rencana ini harus ditunda dulu karena pandemi. Beberapa kali saya dikontak untuk merencanakan kembali perjalanan ini, tapi saya masih belum berani. Saya mau ambil aman saja, kalo situasi sudah aman baru deh boleh kita jalan.

Nah sembari menunggu situasi itu datang, saya jadi mulai berpikir apa ya yang mesti saya siapkan. Ga cuma untuk perjalanan ke Tangkahan ini, tapi juga buat perjalanan liburan yang lain. Asli ini mah saya dan keluarga udah empat bulan bener-bener di rumah aja, kelar semua ini harus liburan!

Makanya saya jadi cari-cari barang penting supaya pas udah bisa liburan nanti, udah tinggal jalan aja. Jadinya belanja haha.

Nah setelah cari-cari barang di Shopee Mall, saya mau share dan review singkat beberapa alat yang saya beli buat traveling nanti.

1. Vacuum Bag.

Asli, ini barang super penting yang pas lihat barangnya langsung bikin saya nyaut “lah kenapa ga tau dari dulu ada alat beginian”.

Mencoba Vacuum Bag di koper

Vacuum Bag ini intinya kantong plastik yang bisa dipakai untuk menyimpan pakain sebelum dimasukin ke travel bag atau koper. Jadi penting dan sangat berguna karena udara di dalam kantongnya bisa divakum dengan pompa, sehingga kantongnya bisa jadi tipis dan menghemat space di tas/koper!

Jaket yang saya coba ini jaket yang saya pakai waktu ke Jepang. Waktu itu bawa 3 jaket dan jaket tebel kayak gini salah satu yang sering bikin koper berat dan tebel. Kalo bisa dipress dengan Vacuum Bag ini akan enak banget.

Waktu ke Jepang bareng @chantikmfa tahun 2018

Saya tipe traveler yang males ribet bawa tas dan males ada bagasi. Dengan ada Vacuum Bag ini, jadinya bisa ngepress banyak baju dalam satu tas aja, jadi simpel dan lebih rapi juga. Anti air pula, jadi aman apalagi buat trip ke gunung atau hutan. Kaga takut kena hujan atau main air.

Vacuum Bag ini satu set isinya 8 bag, ada yang ukuran kecil (50×70 cm), sedang (60×80 cm), dan besar (80×110 cm). Bisa disesuaikan sama barang apa yang ingin dibawa.

2. Timbangan Koper

Masih dengan alasan karena saya ga mau ribet soal urusan tas dan bagasi, alat ini juga jadi penting.

Biasanya kalo terpaksa harus bawa banyak bawaan di tas waktu mau naik pesawat, suka was-was kalo bagasi lebih dari muatan seharusnya. Kemalasan ribet ngurus dan ngantri bagasi dan belum lagi kena charge tambahan membuat saya merasa barang ini akan sangat membantu.

Timbangan GOTO ini ukurannya segenggaman tangan aja, bentuknya digital jadi akurat, ada indikator suhu juga, berbaterai lithium 3V, dan dilengkapi tali pengait. Jadi tas / koper kita tinggal digantungin aja, langsung keliatan beratnya berapa dan bisa siap-siap pas selesai packing. Jadi ga akan panik atau baru ribet ketika sampe di bandara.

3. Teropong Monocular

Nah yang terakhir ini juga barang yang berasal dari hobi lama: birdwatching!

Jaman kuliah di Biologi UI, saya sering banget keluar masuk hutan buat birdwatching. Atau beberapa kali mammalwatching. Intinya mengamati hewan liar dari kejauhan, dan emang salah satu alat wajibnya adalah teropong.

Diantara hasil foto birdwatching bertahun-tahun lalu di Pulau Tinjil

Nah Teropong Monocular dari GOTO ini sudah oke untuk kegiatan birdwatching dengan optical zoom 16x. Buat saya yang buat hobi sesekali ke hutan, teropong dengan panjang 15 cm ini sudah lebih dari cukup.

Fokus lensanya bisa diatur dan sudah sepaket dengan kain microfiber, tas teropong, dan lanyard; jadi bisa digantung di tas ransel atau di belt biar gampang dibawa.

Selagi belum bisa tes langsung di hutan, gue tes dulu birdwatching di depan rumah dan foto seadanya dari hape.

Mulai dengan burung gereja depan rumah dulu ya. Semoga pandemi segera berakhir jadi bisa ketemu burung-burung lainnya.

Nah tiga barang tadi saya beli di GOTO Hardware yang ada di Shopee. Tokonya ga cuma jual hardware buat traveling, tapi banyak alat-alat kebutuhan rumah, olahraga, otomotif, dan lain-lain. Pengirimannya pun cepet, kemarin sehari langsung nyampe rumah.

Lo bisa cek link Shopeenya di sini. Kalo mau beli alat yang gue review di atas, tinggal masuk aja ke tokonya dan cari keywordnya (vacuum bag, timbangan koper, dan teropong monocular).

Semoga membantu lo juga bersiap-siap liburan ketika waktunya tiba ya!


  • Tonton vlog traveling saya di Youtube
  • Atau baca cerita traveling saya yang lain di sini.

Diterbitkan oleh

Iqbal (@iqbalhape)

Love to share opinions and stories. Host of Podcast Subjective.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.