3 Karakter Penting Buat Lo Yang Mau Kerja di Startup

Sekarang, kerja di Startup lagi ngetren. Pertanyaannya, emang gimana rasanya kerja di Startup? Apa yang dibutuhkan supaya bisa kerja di Startup?

Gue sudah 4 tahun bekerja di Startup, dari masih berempat hingga sekarang sudah 130+ orang.

Dari pengalaman gue dan obrolan yang gue lakukan dengan banyak teman, setidaknya ada 3 karakter yang harus lo miliki atau wajib lo kembangkan kalo lo mau kerja di Startup.

1. Siap Menghadapi Perubahan Yang Cepat

Sebagai entitas bisnis yang masih mencari bentuk, Startup biasanya berubah dengan sangat cepat.

Struktur organisasi, model bisnis, cara bekerja, bahkan cakupan kerja juga bisa berubah, tergantung kebutuhan Startup tersebut. Karena dinamika tersebut, orang yang kerja di Startup harus terbiasa dengan perubahan.

Kalo lo adalah orang yang membutuhkan kepastian atau stabilitas, bisa jadi Startup tidak cocok untuk lo. Tapi kalo lo bisa membiasakan diri dengan perubahan dan tidak baper ketika banyak ketidakpastian, mungkin Startup adalah tempat yang cocok buat lo.

2. Self Curious

Karena perubahan yang cepat, anak Startup dituntut untuk memiliki rasa penasaran yang tinggi.

Karena masih mencari jati diri, Startup sebagai entitas juga umumnya belum memiliki manual/guidebook. Kalaupun ada, dalam waktu singkat manual/guidebook tersebut akan diganti dengan yang lebih update, karena perubahan yang cepat tadi.

Karenanya penting sekali untuk lo bisa memiliki rasa penasaran dan inisiatif yang tinggi ketika bekerja di Startup. Jangan berharap selalu ada yang menyuapi/memberi perintah atau penjelasan, berinisiatif lah untuk mempelajari semuanya sendiri.

3. Fast Learner

Karena perubahan yang cepat dan kebutuhan inisiatif yang tinggi, orang yang kerja di Startup juga harus seorang pembelajar yang cepat.

Ketika bisnis atau strategi berganti, lo harus terbiasa untuk mempelajari hal baru dalam waktu yang singkat. Lo harus bisa memanfaatkan Google, Youtube, atau mencari mentor secepat mungkin.

Learn fast and get used to it.


Tentu saja masih banyak karakter penting lainnya.

Karakter lainnya akan kita bahas di artikel lain.

Tonton juga versi vlog dari bahasan ini di Youtube channel Iqbal Hariadi.


Atau lebih lengkapnya saat gue diinterview Ogut di channel Youtube Muda Cuma Sekali.

Selamat bekerja di Startup!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *