Assalamualaikum Salam kenal bg iqbal :) Saya mau tanya tntg kejenuhaan saat kuliah. Ini pas bener2 mentok banget jenuhnya. Abg prnh ngalami? Secara pribadi gmna abg ngatasinya? Haruskah kita break sbntr atau lanjut, masa bodo, kuliah sprti biasa?

Waalaikumsalam. Salam kenal @dandelionjatuh!

Saya pernah mengalami juga, saya dulu mentok banget jenuh kuliah di semester 6. Sebenarnya yang namanya kejenuhan itu sangat normal, apapun yang kita lakukan secara berulang-ulang pasti akan menemukan titik jenuhnya. Termasuk kuliah.

Kalo saya pribadi, diperparah dengan saya yang emang orangnya gampang bosan dengan rutinitas yang berulang. Makanya saya selalu berusaha melakukan sesuatu yang baru dalam waktu tertentu.

Cara yang sama saya lakukan ketika jenuh kuliah. Saya mencari kegiatan baru atau memperbanyak variasi kegiatan yang saya lakukan.

Di semester 6 itu, saya mencoba ikut lomba bisnis, berkegiatan di komunitas di luar kampus, nongkrong dengan teman-teman baru di fakultas berbeda, dan ikut seminar-seminar dengan tema yang berada di luar interest saya. Saya pernah ikut seminar tentang perkembangan musik, reruntuhan Atlantis, travel blogging, sampai sejarah 1998.

Pada intinya, saya melakukan banyak hal baru dan memvariasikan kegiatan sehingga kuliah hanya satu dari sekian aktivitas yang saya lakukan. Pada akhirnya, saya tidak terlalu memusingkan kebosanan yang saya alami di kelas/lab, karena saya punya excitement lain yang menunggu saya di luar sana.

Masalah melanjutkan kuliah atau tidak, itu tergantung keleluasaan. Beberapa teman saya misalnya mengatasi kejenuhan dengan mengambil cuti kuliah selama 1-2 semester dan fokus berkegiatan lain; ada yang ikut pertukaran pelajar ke luar negeri, ada yang melakukan volunteering di organisasi sosial, ada juga yang magang mencari pengalaman. Itu kembali ke kondisi masing-masing.

Kalo saya pribadi sih waktu itu ga punya opsi lain, jadi ya lanjut terus kuliah sambil berkegiatan yang macam-macam biar ga bosan.

Semoga menjawab ya.

Salam kreatif!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *