Hai Kak Iqbal! Mau tanya dong. Sebenernya start-up itu apa sih? Trus, apakah start-up memang berhubungan dengan dunia digital dan internet? Makasih, Kak~

Hai @aqyasdininisa! Terima kasih sudah menanyakan soal Startup 🙂

Belakangan istilah Startup sangat sering kita dengar di mana-mana. Secara definisi, sebenarnya startup berarti sesuatu yang baru dimulai. Bisa bisnis, organisasi, gerakan, atau apapun.

Tapi belakangan istilah startup lebih sering digunakan di dunia bisnis, terutama bisnis digital. Digital startup, adalah istilah yang lebih tepat untuk merujuk pada entitas bisnis digital yang masih dalam tahapan rintisan. Definisi yang lebih spesifik dari digital startup adalah bisnis digital yang masih mencari business model yang bekerja.

Karena makin populer, sekarang orang-orang hanya menggunakan kata  startup untuk merujuk pada bisnis digital. Beberapa contoh yang populer seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, dan Hipwee.

Saya sendiri sekarang menjadi bagian dari startup kitabisa.com, platform online fundraising untuk berbagai inisiatif sosial. Ke depan saya juga akan bercerita tentang dunia startup. Beberapa cerita tentang kehidupan tim kitabisa.com di dunia startup bisa dibaca di diari visual kita di tumblr @kitabisa​.

Startup jadi tempat baru untuk anak muda belajar berinovasi dan mengembangkan kreativitas. Dengan makin berkembangnya dunia startup, semoga makin banyak inovasi dan kreativitas yang datang untuk Indonesia.

Salam startup!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *