10 Buku Terbaik Yang Saya Baca di Tahun 2017

Buat saya, buku adalah kebutuhan premier.

Meski begitu, 2017 ini menantang karena saya harus beradaptasi dengan pace kehidupan baru yang mulai berbeda. Tahun ini rasanya saya berusaha lebih keras untuk bisa membaca buku dengan frekuensi yang sama atau lebih banyak dari tahun sebelumnya.

But it still great reading year. Ini dia 10 buku terbaik yang saya baca di tahun 2017.

1. The Airbnb Story, Leigh Callagher

Judul lengkapnya The Airbnb Story: How three ordinary guys disrupted an industry, made billions, and created plenty of controversy. Buku ini bercerita tentang perjalanan Airbnb sebagai sebuah startup digital, dimulai dari sejak trio co-founders Airbnb memulai bisnis mereka di San Fransisco hingga tumbuh menjadi perusahaan global dengan valuasi lebih dari 31 Milyar USD. Berisi cerita menarik dan insight berharga tentang bisnis, manajemen, dan organisasi. Saya juga sempat merangkum buku ini di tulisan sebelumnya.

2. Creativity Inc, Edwin Catmull

Ini buku paling menyenangkan yang saya baca tahun ini: kombinasi insight bisnis dan manajemen yang padat + strategi mengembangkan produk kreatif + cerita dan sejarah salah satu brand favorit saya: Pixar. Saya beli di Google Playbooks dari voucher gratis yang saya dapat dari mas @sheggario. Diceritakan oleh Ed Catmull, Creativity Inc menceritakan sejarah Pixar dan berbagai cerita balik layar berbagai film animasi besar seperti Toys Story, Monsters Inc, sampai Wall-E.

3. Lean In, Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg adalah Chief Operating Officer Facebook, salah satu ikon wanita di Sillicon Valley. Buku ini bercerita pengalaman dan pandangannya tentang wanita di dunia bisnis dan teknologi. Buku yang recommended untuk membuka wawasan tentang peran wanita yang bisa sukses berperan di keluarga sambil terus berkarya.

4. Design to Grow, David Butler

Buku recommended yang wajib dibaca oleh startup yang baru akan berkembang maupun perusahaan besar yang harus beradaptasi untuk terus bertahan. Ditulis oleh David Butler, VP of Innovation Coca Cola, buku ini menceritakan bagaimana Coca Cola menggunakan desain untuk mengembangkan salah satu brand dengan produk paling timeless sedunia.

5. Journal of Gratitude, Big Bear and Bird

Buku simpel nan menyenangkan yang saya beli ketika Harbolnas. Berisi ilustrasi lucu yang menggemaskan, setiap halaman buku ini mengingatkan kita hal-hal kecil yang bisa kita syukuri setiap hari. Jika dibaca langsung bisa habis di bawah satu jam, tapi buku ini bisa jadi buku yang dibaca satu dua halaman setiap pagi atau sebelum tidur. Buku ringan dan berisi di waktu yang sama.

6. I Am Zlatan Ibrahimovic, David Lagercrantz

Saya sangat menggemari buku-buku biografi, karena kisah hidup seseorang selalu punya cerita menarik yang bisa kita pelajari. Termasuk kisah Zlatan Ibrahimovic. Ini buku yang saya beli random ketika mampir di toko buku, dan ternyata seru! Ibra adalah salah satu pemain terbaik dunia, yang selalu membawa klubnya memenangkan liga; dari Ajax, Juventus, Intermilan, Barca, Milan, hingga PSG. Lewat buku ini, Ibra bercerita pengalamannya; dari masa kecilnya yang suram di Swedia, sepak bola sebagai pelariannya, hingga karirnya yang penuh kejutan dan kehidupannya bersama keluarga.

7. Andy Noya, Robert Adhi

Buku biografi salah satu host paling populer di Indonesia, Andy F. Noya. Banyak dari kita yang hanya mengenal bang Andy dari acara Kick Andy, tapi jauh sebelum itu bang Andy punya cerita panjang tentang masa kecilnya yang dibully, perjuangannya berkuliah di bidang jurnalistik, dan perjalanannya menjadi jurnalis di berbagai media. Menarik untuk membaca perjalanan hidup seseorang yang selama ini hanya kita kenal dari layar kaca.

8. Elon Musk, Ashlee Vance

Saya penggemar berat Iron Man, hingga mau tidak mau akhirnya saya menemukan nama Elon Musk, representasi dan benchmark Tony Stark di dunia nyata. Jenius, super kaya, menggilai inovasi dan teknologi. Mulai meroket setelah sukses mengembangkan Paypal, Elon Musk membangun perusahaan gila: SpaceX, Tesla, The Boring Company, dan Solar City. Buku seru untuk tahu cerita menarik di balik jenius gila yang merevolusi teknologi dunia.

9. The Life Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo

Buku terbaik untuk mengakhiri 2017 dan memulai 2018. Berisi metode yang dikembangkan Marie Kondo, pakar berbenah (I know it sounds weird) yang sudah menekuni dunia berbenah bertahun-tahun. Beberes terdengar sepele, tapi ternyata bisa membawa perubahan besar thdp cara kita beraktivitas, yg akan berpengaruh kepada kebahagiaan kita sehari hari. Beberapa bagian akan tidak relevan karena lebih cocok dengan budaya Jepang, tapi secara prinsip sangat applicable untuk kehidupan kita sehari-hari

10. The Life Changing Magic of Not Giving A F*ck, Sarah Knight

Buku dengan subtitel menggelitik: How to stop spending time you don’t have, doing things you don’t want, with people you don’t have. Berisi argumen provokatif sekaligus menampar tentang cara belajar mengatakan tidak, agar kita bisa lebih fokus menghabiskan waktu dan energi kita untuk orang dan hal-hal yang benar-benar kita pedulikan.


Itu dia 10 buku terbaik yang saya baca di tahun 2017.

Ada rekomendasi buku lain? Jawab di reply atau mention saya di twitter/instagram: @iqbalhape.

Selamat tahun baru! Semoga 2018 jadi tahun yang lebih menyenangkan dalam membaca buku!

Ini adalah beberapa tweet dari teman-teman saya tentang Podcast Subjective, terutama episode Subjective Talk with Ario Pratomo.

Yang menarik, beberapa dari mereka tidak saya kenal secara langsung. Tapi somehow, internet mempertemukan kita dan jadi jalan untuk memulai pertemanan. Sungguh menyenangkan, dan saya sangat berterima kasih untuk semua pertemanan ini.

Saya seringkali dapat pertanyaan dari mereka yang ragu mulai berkarya. Gimana caranya berani berkarya? Gimana caranya biar ga takut dicemooh orang?

Jawaban saya selalu: mulai aja dulu. Memulai, adalah satu-satunya cara untuk berkarya. Mulai, dapatkan cemoohan orang, lalu belajar. Mulai lagi, dapat cemoohan lagi, belajar lagi. Dan begitu seterusnya.

Podcast saya sendiri adalah media saya belajar berbicara dan mengenal diri sendiri. Kalau ada kurang di sana sini, saya sangat terbuka untuk semua kritik karena memang itu tujuannya. Tujuannya bukan untuk menghasilkan yang terbaik, tapi untuk selalu menghasilkan yang lebih baik.

Dan percaya sama saya, kita hanya butuh satu orang yang bilang senang dengan karya kita untuk terus maju. Cukup satu. Dan kita jadi punya alasan untuk terus belajar, lagi dan lagi. 


Subjective Behind The Scene on Vloggario

Episode Subjective Talk with Ario Pratomo adalah proses kolaborasi yang asik. Ario bersedia berbagi ilmunya, sementara saya (dengan haircut yang gagal) bisa mejeng di vlog-nya di Youtube. Tonton videonya:

Sampai hari ini, saya belum mengeluarkan episode terbaru untuk 2016. Semoga segera.

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mendengarkan podcast saya. Dan saya masih menunggu kritik, saran, dan pertanyaan tentang apapun. Bisa via Tumblr, tweet ke @iqbalhape, atau email ke iqbalhape@gmail.com.

Please, be subjective!


Further Do:

Rekomendasi: 4 Buku Nonfiksi Yang Menarik Dibaca

Halo kak mau tanya, saya lg cari buku nonfiksi yang menarik dibaca. Ada rekomendasi? Makasih sebelumnya kak

Halo yang di sana,

Wah sebagai penggemar buku nonfiksi, rekomendasi saya ada banyak. Kalo saya sendiri saat ini sedang baca The Honest Truth About Dishonesty nya Dan Ariely tentang psikologi dalam berbohong.

Beberapa rekomendasi personal dari saya:

1. Steal Like An Artist – Austin Kleon (Buku wajib tentang kreativitas, baca ulasan saya di sini)

2. UltimateU – Rene Suhardono (Kumpulan kolom Rene di Kompas, reccomended untuk meningkatkan sense of curiosity pada isu sekitar)

3. Menghargai Gratisan – Pandji (Tentang pembajakan dan budaya gratisan, download gratis di sini).

4. Sila ke 6: Kreatif Sampai Mati – Wahyu Aditya (menurut saya ini adalah versi ringannya Steal Like An Artist dengan konten yang super menghibur, baca ulasan saya di lendabook).

Empat dulu rekomendasi dari saya. Btw saya suka posting buku yang lagi saya baca di instagram, follow ya @iqbalhape 😀

10 Tumblr Terbaik Tentang Kreativitas di 2014

Tumblr telah menjadi salah satu sumber inspirasi saya di dunia maya. Saya selalu tertarik dengan desain, produk kreatif, dan inovasi. Saya juga mencintai sastra dan tulisan yang menginspirasi.

Karenanya, saya mengikuti berbagai tumblr blog yang setiap harinya memenuhi timeline saya dengan kreativitas dan ide-ide segar.

Berikut adalah 10 Blog Tumblr Terbaik yang mewarnai timeline saya selama 2014.

1. Austinkleon

Tumblr seniman asal Texas dan penulis buku favorit saya, Steal Like an Artist. Austin mendefinisikan tumblrnya dengan “A scrapbook of stuff I’m reading / looking at / listening to / thinking about”. Dan ya, this guy always talk about creativity.

2. Fahdpahdepie

Ini adalah blog penulis Indonesia yang sebelumnya dikenal dengan nama Fahd Djibran. Pertama kali “berkenalan” dengan tulisan Fahd dari bukunya Curhat Setan. Membaca tulisan-tulisannya di blog ini memberikan keteduhan dan pemahaman yang lebih baik tentang cinta dan kehidupan.

3. 1000pluscoffees

Merupakan project yang dilakukan Matt Kuletza untuk ngopi bareng dengan 1000+ teman facebooknya. Setiap ngopi bareng, Matt berdiskusi dan bercerita di tumblrnya. Setiap teman dengan latar belakang yang berbeda punya cerita dan inspirasi yang berbeda.

4. Instagram

Instagram punya tumblr! Tumblr ini merupakan blog resmi Instagram, sosial media fotografi no 1 di dunia saat ini. Secara berkala, blog ini bercerita tentang para seniman yang bercerita lewat fotografi di Instagram.

5. Zenpencils

Berisi komik-komik yang diangkat dari quote ataupun tulisan tokoh-tokoh dunia. Merupakan karya komikus Gavin Aung Than, cerita-cerita dari tumblr ini selalu membuat pembacanya berpikir ulang tentang nilai-nilai kehidupan dan keberanian dalam mengambil keputusan.

6. Biodiverseed

Blog ini sangat menarik untuk saya sebagai anak biologi. Setiap hari, blog ini mengupdate berbagai cerita, inovasi, dan informasi tentang keragaman benih tanaman (seed). Melalui tumblr, pemerhati biodiversitas bekerja sama membuat mapping dan database jenis tumbuhan di seluruh dunia. What an inspiring way for scientists to use social media!

7. Magicalnaturetour

Sama seperti Biodiverseed, blog ini punya visi yang sama untuk bercerita tentang biodiversitas, tapi berfokus kepada hewan. Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan keunikan fauna dari seluruh dunia, blog ini wajib diikuti.

8. Newspaperblackout

Juga merupakan karya dari Austin Kleon, blog ini berisi kumpulan poem yang dibuat secara kreatif dari koran bekas. Alih-alih membuat poem secara biasa, Austin mencoret lembaran koran dan menyisakan kata-kata tertentu yang membentuk kalimat tertentu.

9. Thedsgnblog

Don’t just be a designer, be a good one. Tagline ini benar-benar tercermin dari blog yang setiap harinya membagikan berbagai inspirasi desain grafis, tipografi, animasi, dan branding. Tumblr wajib untuk desainer dan seniman.

10. Inspiringpieces

Your daily inspiration. Blog yang satu ini menjadi sumber inspirasi harian bagi saya yang punya ketertarikan khusus pada desain produk. Postingan Inspiringpieces memberikan semangat untuk terus berkarya dan menciptakan inovasi.

Itu tadi 10 tumblr terbaik tentang kreativitas di tahun 2014 versi saya sendiri. Punya rekomendasi tumblr keren untuk inspirasi kreatif? Message saya di tumblr atau colek saya di twitter @iqbalhape​.

Salam kreatif!