Pengetahuan dan Kebijaksanaan

Kebijaksanaan itu ga bisa dikarbit.

Saya lupa baca ini dari mana, tapi jenjang pengetahuan itu kurang lebih seperti ini:

  1. Ketidaktahuan
  2. Pengetahuan
  3. Kebijaksanaan

Dari ketidaktahuan ke pengetahuan bisa dikarbit, dengan berbagai sistem yang efisien. Makanya di sekolah kita mengenal kelas akselerasi, di dunia kerja kita mengenal bootcamp, di dunia profesional kita mengenal short course. Semua metode ini pada dasarnya adalah metode karbitan, metode percepatan alias speed up.

Karbitan punya konotasi negatif, seakan hasil karbitan pasti buruk atau tidak sesuai. Menurut saya sih tidak juga, hanya saja hasil karbitan baru sampai di level pengetahuan. Sementara level tertinggi justru adalah kebijaksanaan.

Tantangannya, kebijaksanaan tidak hanya datang dari pengetahuan, tapi yang lebih penting justru datang dari pengalaman. Ketika pengetahuan dibenturkan dengan pengalaman nyata di lapangan, di situlah muncul kebijaksanaan. Bahkan sering juga ketika ketidaktahuan dicemplungkan langsung ke pengalaman, kita bisa melompat langsung ke level kebijaksanaan. Sekali kecemplung, pengetahuan dan kebijaksanaan terlampaui.

Setelah cukup lama berbenturan dengan pengalaman, saya baru sadar memang yang paling penting dalam pertumbuhan itu mengalami, experiencing. Membaca buku penting, tapi kalo hanya itu saja ya sudah hanya jadi teori di kepala.

Misalnya dalam pekerjaan, saya punya tanggung jawab dalam hal PR Risk Management. Sesuatu yang secara pengetahuan awalnya tidak saya miliki, tapi seiring waktu jadi saya pelajari. Tidak lewat membaca/mendengarkan kuliah, tapi lewat mengalami dan mengatasi masalah nyata di lapangan. Ketika mengatasi masalah ini akhirnya saya mau ga mau jadi harus membaca juga, bagaimana sih pengelolaan resiko yang benar secara teori. Dan karena saya menghadapi masalah nyata, teori yang saya baca jadi sangat mudah masuk di akal. Balik lagi ke tadi; sekali kecemplung, pengetahuan dan kebijaksanaan terlampaui.

Browse Topics

🚀 Productivity

🎓 Studying

🎬 YouTubing

🤑 Entrepreneurship